ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Suguhkan Jaja’ Gratis di Gubang

July 20, 2009 by  
Filed under Artikel

Pesta Budaya Adat Erau 2009 Kutai Kartanegara (Kukar) kali ini juga dimeriahkan dengan Sepekan kue/jajanan khas Kutai (dalam bahasa kutai jaja`) yang disuguhkan diatas gubang (perahu). Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar HM Idrus melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) acara tersebut yang juga Kabid Pengembangan Seni Disbudpar Kukar  Hamsi Hamzah belum lama ini.
Kegiatan itu akan dilaksanakan mulai 27 Juli sampai 1 Agustus, mulai jam 8 pagi di sungai Tenggarong (anak sungai Mahakam) yang melintas di pinggir jalan S Parman antara Jembatan Bongkok sampai Jembatan Besi Tenggarong.

Tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk lebih mengingatkan kepada semua warga bahwa sejak jaman dahulu kehidupan masyarakat Kutai tak terlepas dari sungai Mahakam.

“Tujuannya selain untuk mengenang Kutai tempo dulu, juga untuk menampilkan dan memperkenalkan  Jaja` khas Kutai kepada pengunjung sekaligus melestarikan jaja` tersebut,” papar Hamsi..

Pada kegiatan tersebut nantinya kental sekali dengan kebudayaan Kutai, karena pemilik perahu yang membawa Jaja` tersebut akan menmggunakan pakaian adat masyarakat Kutai dan menawarkan Jaja` dengan berbahasa Kutai pula.

Untuk mendukung kegiatan itu Hamsi mengimbau kepada masyarakat Tenggarong dan sekitarnya khususnya yang memiliki gubang,  jika ingin berpartisipasi pada acara tersebut agar menghubunginya di Kantor Disbudpar Kukar setiap hari kerja. (vb/hm03)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.