ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PAUD Penting Untuk Wujudkan Kukar Sebagai KLA

July 14, 2011 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

TENGGARONG – vivaborneo.com, Pendidikan merupakan hal sangat penting dan mendasar yang menjadi penentu keberhasilan dalam upaya meraih masa depan yang lebih baik dan lebih cerah bagi daerah.

Rita Widyasari

Rita Widyasari

“Pendidikan yang baik adalah ketika pendidikan itu diberikan kepada anak-anak kita sejak usia dini hingga pada usia yang tak terhingga,” ujar Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari saat seminar sehari dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional 2011, Selasa (12/7) lalu di hotel Grand Elty Tenggarong.

Pentingnya arti pendidikan bagi anak-anak membuat orang tua dan masyarakat pada umumnya selalu berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi anak-anaknya agar dapat mengeyam pendidikan pada semua tingkatan yang ada, tidak terkecuali sejak tingkatan dasar Taman Kanak-Kanak (TK) atau bahkan Kelompok Bermain (Play Group) sampai ke dunia perguruan tinggi.

Untuk itu Rita mengatakan keberadaan lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pendidikan bagi anak usia dini dewasa ini merupakan bagian yang tidak bisa dianggap remeh atau enteng.
Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membekali anak agar terhindar dari pengaruh negatif dunia luar dari media cetak maupun elektronik yang berpengaruh besar terhadap perkembangan dan mental anak.

“Memfasilitasi anak kita dengan sarana yang bisa membuatnya sibuk bersosialisasi dengan teman-teman seusianya beserta segenap lingkungan sosialnya merupakan cara yang cukup efektif untuk membuatnya terhindar dari berbagai pengaruh negatif media, misalnya ketika ia seorang diri dirumah dengan menonton televisi,” terangnya.

Oleh karena itu Rita menyambut baik dan mensyukuri bahwa dewasa ini di Kukar sudah semakin banyak lembaga-lembaga yang memfasilitasi pendidikan bagi anak usia dini.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dirinya berkomitmen terhadap pembinaan dan pengembangan bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sebagai bentuk komitmen tersebut Rita akan selalu mendukung berbagai upaya yang terkait dengan hal pendidikan anak.

Rita juga mengatakan bahwa usaha peningkatan pendidikan anak harus didukung semua stakeholders, baik pemerintah, masyarakat maupun pihak swasta agar disetiap wilayah Kukar tersentuh PAUD.

“Saya akan meminta perusahaan yang wilayah opersinya di Kukar untuk mendirikan sekolah  internasional baik itu tingkat usia dini ataupun sekolah lanjutan lainnya, karena saat ini Kukar belum punya sekolah internasional,” harapnya.

Ditambahkannya PAUD juga sangat erat kaitannya dengan program Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Maka dengan PAUD yang menyentuh ke semua warga Kukar di 18 kecamatan merupakan suatu hal untuk mendukung tercapainya target Kukar sebagai KLA ditahun 2015.

Selain itu pentingnya PAUD juga perlu ditanamkan kepada seluruh warga. (vb/hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.