ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Olahraga Tradisional Ramaikan Erau

July 4, 2013 by  
Filed under Olahraga Lain

TENGGARONG – vivaborneo.com, Seperti tahun sebelumnya, pada pesta adat seni dan budaya Erau tahun ini juga di isi dengan berbagai olahraga tradisional.

Ada sembilan olahraga tradisional khas rakyat Kutai yang di lombakan yakni Hadang, Betisan, Behempas Bantal, Behempas Penjalin, Kelom Panjang, Be-Gasing, Be-Logo Menyumpit, dan Gubang Panjang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar Fitriadi mengatakan selain memeriahkan Erau Pelas Benua dan Internasional Folklore and Art Festival, olahraga tradisional untuk melestarikan permainan olah tubuh yang ada di masyarakat Kukar.

“Ini untuk melestarikan olahraga atau permainan tradisional yang sudah ada sejak dulu, selain itu juga dengan berolahraga bisa menyehatkan badan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (1/7).

Pelaksanaan Olahraga tradisional tersebut  digelar mulai 1 hingga 6 Juli, sebagian besar dilaksanakan di tepian sungai Mahakam Jalan KH Akhmad Mukhsin Tenggarong, kecuali sumpit di halamaman Planetarium Jagad Raya dan Gubang Panjang di sungai Mahakam  jalur kelurahan Timbau Tenggarong.

Adapun peserta olahraga tradisional yakni, dari kabupaten/kota yang berpartisipasi pada Erau, beberapa kecamatan se Kukar, dan warga dari kelurahan yang ada di Tenggarong.

“Jadi melalui olahraga tradisional ini, juga mempererat tali silaturahmi antar peserta,” katanya.

Ditambahkannya, Dispora selaku penyelenggara olahraga tradisional tersebut tentunya menyediakan hadiah menarik bagi pemenang lomba-lomba tradisional itu.

Untuk diketahui pada Senin (1/7) mulai pukul 09.00 wita pagi dilaksanakan lomba Hadang, Betisan dan Behempas Bantal di tepian sungai Mahakam Jalan KH Akhmad Mukhsin. Gelaran olahraga tersebut tersebut mampu menyita banyak perhatian warga, hal tersebut terlihat banyaknya pengendara sepeda motor dan mobil yang memarkir kendaraannya untuk menyaksikan olahraga tradisional. (vb/hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.