ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Museum Sarawak Terbaik di Asia

July 24, 2009 by  
Filed under Berita

SARAWAK, merupakan propinsi di Malaysia Timur yang terkenal dengan sebutan Negeri Burung Enggang ternyata menyimpan potensi untuk sektor pariwisata. Di kawasan ini, terdapat Museum Sarawak yang terkenal sebagai salah satu museum terbaik yang berada di Asia.

Museum Sarawak Malaysia

Museum Sarawak Malaysia

Sebagian besar barang-barang yang dipamerkan merupakan koleksi Alfred Russel Wallace, seorang arkeolog beraliran naturalis yang membantu Charles Darwin menemukan teori evolusi. Wallace banyak menggunakan waktunya di Borneo dan menjadi sahabat karib Brooke.

Selain keunggulan berupa koleksinya, Museum Sarawak yang terletak di pusat kota dan menempati gedung peninggalan kolonial, juga dikelilingi taman hijau yang begitu luas dan indah. Tak ada pagar pembatas yang membatasi antara taman museum dengan jalan raya, membuat museum ini tidak lagi berkesan seram atau eksklusif.

Bahkan condong menarik orang untuk berkunjung, baik untuk melihat sendiri koleksinya maupun sekadar menikmati keindahan tamannya. Tak heran jika museum ini selalu ramai dikunjungi baik oleh pelajar, wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Gedung-gedung yang berdekatan dengan museum memiliki porselen dari Cina dan ruang pameran yang menyajikan penampilan cara hidup dari berbagai suku. Terdapat juga suatu rekontruksi goa-goa Niah sebagai bukti sisa purbakala manusia sekitar 40.000 tahun yang lalu.

Museum ini dapat dikunjungi dengan gratis setiap hari kecuali hari Jumat, mulai jam 9.30 pagi sampai jam 5.30 sore. Di hari minggu dan hari-hari libur lainnya musium ini dibuka mulai jam 9.30 pagi dan di tutup pada jam 6.00 sore. (vb-01/PersdaNetwork/hbk/foto:malaxi.com)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.