ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Koperasi KOMURA Siap Kembangkan Usaha

July 28, 2009 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Samarinda.vivaborneo.com. Koperasi Samudera Sejahtera (KOMURA) siap mengembangkan berbagai bidang usaha selain bidang bongkar muat dan transportasi yang dilakukan saat ini.“Ke depan, bidang usaha lain juga akan kami kembangkan,” ujar Sekretaris Koperasi KOMURA Samarinda H Dwi Hari Winarno kepada vivaborneo.com.

Usaha yang potensial dikembangkan menurut Dwi antara lain perhotelan, konstruksi, angkutan laut.

Koperasi yang masih bergerak di bidang bongkar muat dengan anggota 1.174 orang tenaga bongkar muat (TKBM). Dengan jumlah anggota sebanyak itu, maka banyak bidang usaha yang dapat dilakukan koperasi (KOMURA-red) pada saat sekarang ini dan dalam hal  modal usaha KOMURA memiliki cukup dana.Untuk bidang bongkar muat terbagi dalam beberapa kegiatan seperti bongkar muat  batubara, curah kering/semen dan lainnya , curah cair/aspal dan lainnya, general cargo, peti kemas, kayu olahan dan lainnya.
Sistem pekerjaan dalam bentuk borongan, tetapi tunjangan tetap diberikan seperti tunjangan kesehatan dan tunjangan kecelakaan. Bagi TKBM diberikan tunjangan kesehatan sebesar Rp 850 ribu, istri Rp 650 ribu dan anak Rp 500 ribu perbulannya.

Begitu pula tunjangan kecelakaan diberikan kepada TKBM pada saat mengalami kecelakan hingga sembuh. “Asuransi kecelakaan Komura dikelola  sendiri tidak kerjasama dengan Jamsostek,” tambah Dwi.

Seluruh anggota Komura merupakan anggota TKBM dan untuk penghasilan peranggota dalam setiap bulannya dapat mencapai dari Rp 3 juta hingga Rp 4 juta, diluar tunjangan kesehatan yang diberikan managemen Komura.
Kelompok UKA atau YUKA (Yayasan Usaha Karya) yang berdiri dari tahun 70 an dari Dirjen Perhubungan  yang masih bergerak di bidang perkayuan (saat banjir kap). Yang merupakan cikal bakal koperasi Komura (dalam bentuk koperasi) pada tahun 1989 dengan bidang usaha bongkar muat dan bertambah kegiatan ke usaha transportasi.

Hingga saat ini Komura  masih berada dalam pembinaan Adpel untuk pembinaan aturan kepelabuhan, Disperindagkop Samarinda untuk pembinaan dan managemen koperasi, serta Disnaker Samarinda untuk hal ketenagakerjaan.
Harapannya kedepan lanjut pria kelahiran Jombang ini, pemerintah bisa memberikan porsi yang lebih besar kepada koperasi, karena secara managemen dan permodalan Komura punya kemampuan bersaing untuk pengembangan berbagai bidang usaha. (vb/016)

Respon Pembaca

4 Komentar untuk "Koperasi KOMURA Siap Kembangkan Usaha"

  1. hairil on Mon, 7th Dec 2009 2:07 am 

    jadi tertatik nih, apa syaratnya untuk bisa jadi anggota koperasi komura? saya tunggu dan terima kasih

  2. yulius on Thu, 22nd Apr 2010 10:45 am 

    saya salut dengan sistem dan managemen komura yang begitu memperhatikan angggotanya …namun yang menjadi pertanyaan saya adalah kalau untuk kegiatan bongkar muat peti kemas / container dengan di dukung tehnologi yang modern /canggih apakah masih menggunakan sistem kerja borongan…..? mengingat penggunaan TKBM tidak terlalu banyak…? terimakasih

  3. Zoen on Tue, 5th Apr 2011 11:00 am 

    Mertua saya anggota tkbm, tapi telah meninggal, tapi sampai sekarang kok tidak bisa dibalik nama atas nama adik ipar saya, alasannya tdk jelas, padahal kami sudah membayar untuk pengurusan baliknama,, tolong pengurus komura pusat, untuk menindak lanjuti pengurusan ini

  4. rama on Fri, 7th Aug 2015 8:56 pm 

    Saya mau jual kerja uk saya 900.JT minat hubungin saya 081377759913

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.