ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kanwil Kemenhan Kaltim Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

July 26, 2019 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

Samarinda – Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kanwil Kemenhan) Kaltim melaksanakan Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat pelajar SMA dan perguruan tinggi, berlangsung di Hotel Grand Sawit Samarinda, (23-25/7/2019).

Plt Kakanwil Kemenhan Kaltim Kolonel Inf Gema Repelita mengatakan, Kakanwil Kemenhan Kaltim mempunyai program unggulan setiap tahunnya yang disinergikan bersama Dinas Pendidikan Kaltim yaitu Lomba PCTA.

Lomba PCTA tahun ini digelar dengan menampilkan karya inovasi atau kreatifitas yang berkaitan dengan UMKM dan mengusung tema “Mewujudkan Semangat Generasi Muda yang Cinta Tanah Air dan Bela Negara Sebagai Dasar Penggerak Industri Kreatif”.

“Sejak 2012-2018 kita melakukan lomba ini dengan metode debat dan diskusi tetapi kali ini Kementerian Pertahanan melihat perlu ada inovasi baru terutama untuk para generasi muda yang tidak hanya berpatokan kepada materi debat, diskusi dan lain-lain. Dimana menginginkan satu pemikiran baru dari pribadi sendiri untuk mengolah daya pikirnya. Sehingga diolah suatu produk yakni seperti UMKM. Serta produk yang betul-betul bisa bermanfaat di lingkungan masyarakat khususnya berada di kalangan kelas bawah,” katanya.

Gema Repelital berharap hasil produk yang dibuat oleh generasi muda Kaltim memiliki nilai jual. Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengundang Kementerian Hukum dan HAM Kaltim agar produk peserta pemenang memiliki hak paten yang jelas kedepannya, dan juga hadir berbagai lembaga yang membidangi urusan kemitraan dan kewirausahaan.

“Nantinya para juara ini akan mengikuti ke tingkat nasional pada gelaran PCTA Nasional yang akan digelar di Bali. Diharapkan perwakilan Kaltim mendapat juara, baik tingkat SMA maupun perguruan tinggi. Disinilah upaya kami agar para pelajar SMA dan mahasiswa ini memunculkan ide-ide mereka, berkreasi dan berinovasi khususnya bidang UMKM yang memiliki nilai jual dan dapat meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Lomba ini diikuti sebanyak 19 tim dari pelajar SMA dan 18 tim dari perguruan tinggi, setiap tim beranggotakan dua orang. (*/del)

 


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.