ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Erau Dimeriahkan Atraksi 7 Kabupaten/Kota

July 16, 2009 by  
Filed under Berita

Tenggarong, Sebanyak 7 kabupaten kota yang akan ikut memeriahkan Pesta Adat Erau tahun 2009 melakukan rapat koordinasi bersama Pemkab Kutai Kartanegara di ruang eksekutif kantor Sekretaris Kabupaten Kukar Rabu(15/7)lalu. Rapat yang membahas tentang persiapan yang sudah dilakukan oleh 7 kabupaten kota dan fasilitas yang akan disediakan oleh kab Kukar.

Sri Wahyuni

Sri Wahyuni

Sri Wahyuni selaku Kabag Humas mengatakan untuk 7 kabupaten kota, Kab Kukar telah menyediakan penginapan di asrama atlet  yang terletak di kawasan Stadion Kudungga Tenggarong Seberang. Asrama telah siap untuk 200 orang dan akan disiapkan lagi 300 orang. Bagi rombongan yang ingin Homestay Kukar telah menyiapkan, untuk Homestay rombongan diharapkan melapor ke Dinas Pariwisata Kukar.

“Untuk biaya silakan berkoorsinasi dengan yang bersangkutan, kami hanya menyalurkan saja. Untuk transportasi bagi 7 kabupaten kota Kukar tidak menyiapkan, kami hanya menyiapkan untuk tamu VVIP karena keterbatasan kendaraan  di Kukar. ”ujar  Sri Wahyuni.
Untuk pameran dimulai tanggal 26 Juli -1 Agustus tetapi tenda akan tetap dibuka sampai tanggal 3 Agustus. Dalam pameran kali ini, produk unggulan, wisata budaya dan potensi daerah masing-masing kota akan ditampilkan. Untuk UKM akan mendapat keringanan  karena untuk memajukan kesejahteraan rakyat.

Di dalam expo terdapat 2 roder yang berisi 50 stand berukuran 3X3 dengan harga 11 Juta . Untuk Roder A Stand sudah penuh sedangkan untuk Roder B sudah terisi 12 Stand. Untuk tenda kerucut yang berukuran 5X5 dengan harga 8 juta Sudah terisis penuh.

Dalam lomba olahraga tradisional akan dilakukan eksebisi saat pembukaan erau yang akan dilakukan oleh para pejabat yang hadir. 4 olah raga  yang akan di eksebisikan adalah nangkap bebek, belogo, gangsing dan nyumpit.  Untuk pendaftaran olahraga tradisional akan ditutup pada tgl 22 Juli dan akan dilakukan teknikalmeeting pada tanggal 24 Juli pukul 15.00 di Kantor Diskluspora.

Perwakilan Dinas Pariwisata, Hamsih mengatakan Erau akan menjadi agenda nasional. Tahun depan diusahakan 3 bulan sebelum acara undangan akan sudah disebar kepada para tamu dan peserta yang akan memeriahkan acara. Erau kali ini diharapkan untuk 7 kabupaten kota mengikuti kirap yang akan dilaksanakan dikawasan Stadion Kudungga Tenggarong Seberang.
Hamsih berharap 7 kabupaten kota segera memberikan data tentang jumlah personil,  jenis apa saja yang akan ditampilkan (jenis hiburan, durasi, sinopsis) dan untuk kirap diharapkan untuk menampilkan atraksi yang berdurasi kurang dari 3 menit dan menggunakan baju adat.
Hamsih juga mengatakan  7 kabupaten kota juga akan tampil di 2 panggung besar yang disediakan panitia. Selain itu 7 kabupaten kota juga mempersiapkan tampilan untuk malam pembukaan di Kedaton.
Balikpapan sebagai salah satu peserta telah siap mengikuti Erau dengan 80 orang personil multi etnis yang akan mengikuti Erau. Balikpapan akan menampilkan persembahan tari jepen rebana, tari sumpit dan juga tari perang dari kutai. Sedangkan Kutai Timur sudah mempersiapkan 50 orang peserta. Kutim siap menampilkan tari pesisir dan dayak pedalaman. (vb/hm 08)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.