ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Berbagai Lomba Semarakkan Erau 2009

July 10, 2009 by  
Filed under Berita

Tenggarong-vivaborneo.com,Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Kodim Tenggarong  mengadakan lomba perahu ketinting/cas yang akan dimulai tanggal 28 Juli sampai dengan 31 Juli 2009. Lomba ini merupakan rangkaian acara memeriahkan Pesta Adat Erau 2009.
Menurut Kabag Humas dan Protokol Pemkab Kutai Kartanegara Sri Wahyuni, Dishub dan Disnaker  telah menyiapkan 25 unit baju keselamatan untuk perlombaan perahu Ketinting/cas. Bagi Masyarakat yang berminat mengikuti perlombaan perahu ketinting/cas bisa menghubungi Dishub. Pendaftaran ditutup tanggal 20 Juli 2009.
Untuk kapal hias Dishub bekerjasama dengan Bapedalda akan menurunkan 15-20 Kapal hias. Sedangkan untuk perahu ketinting hias akan menurunkan sekitar 30-40 perahu. Acara ini dilaksanakan pada 26 Juli  bertempat di dermaga tenggarong seusai pembukaan Pesta Adat Erau.

“Biaya yang diperlukan membuat 1 kapal rata-rata Rp 6 juta sedangkan untuk 1 perahu ketinting diperlukan dana sekitar Rp 500 ribu. Keseluruhan dana yang diperlukan  untuk kapal hias sekitar Rp 150 juta dan untuk perahu ketinting sekitar 71 juta.” kata Sri Wahyuni.

Diungkapkan, pembiayaan Pesta Adat Erau Tahun 2009 diambil dari dana APBD ditambah dana dari pihak ketiga yang tidak mengikat.

“Dana  untuk perayaan erau ini disebar kemasing-masing SKPD yang ada di Kab Kukar terutama di Dinas Pariwisata dan Juga Keraton.”

Pada erau kali ini ada 13 olah raga tradisional yang akan dimainkan. 3 macam olah raga yang akan dilaksanakan pada pembukaan Erau. Salah satunya adalah olah raga menangkap bebek atau belogo. Sedangkan 10 macam olah raga lainnya yang di persembahkan oleh diskuspora akan di laksanakan pada tanggal 23 Juli- 1 Agustus 2009 bertempat di Depan kantor PLN. Bagi masyarakat yang berminat acara di mulai pukul 09.00 dengan menggunakan pakaian oleh raga.

Lomba memancing  yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan perikanan  juga BKD akan di selenggarakan pada 31 Juli pukul 14.00 di Pinggir Turap Kel Timbau untuk pendaftaran di buka hanya 2 hari sebelum hari -H di Dinas Kelautan dan perikanan
Dinas pengelolan pasar mengadakan jajanan khas kutai ini sebagai promosi kepada para wisatawan bahwa Kuliner yang ada di kutai sangat beragam dan tidak kalah enaknya dengan daerah lainnya. Bagi masyarakat  yang berminat untuk menjual makanan Kas Kutai bisa menghubungi kantor pengelolaan pasar yang terletak di depan penyebrangan pulau kumala(bekas kantor Dishub).

Pada pesta Adat Erau kali ini Litbang juga turut meramaikan acara dengan melaksanakan Kegiatan WoksShop tentang pembuatan  Roket air selama 2 hari. Rencananya hasil dari kegiatan tersebut akan digunakan untuk menyemarakan pembukaan Erau di Stadion Madya Tenggarong. Acara ini diperuntukan bagi pelajar di Kutai Kartanegara.

Dinas pendidikan juga turut andil dalam perayaan pesta adat Erau kali ini. Dinas pendidikan mengadakan panggung seni Pelajar Budaya dan Cerdas Cermat Budaya yang akan di ikuti oleh 18 kecamatan di gedung putri junjung buyah (ex gedung wanita) (vb/*hm8)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.