ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Aksi Tebar 3 Juta Ikan Pecahkan Rekor MURI

July 2, 2013 by  
Filed under Serba-Serbi

TENGGARONG-vivaborneo.com,   Aksi tebar 3 juta ikan ke sungai Mahakam yang digelar dalam rangka turut memeriahkan Erau Pelas Benua,  International Folklore and Art Festival (EIFAF) yang dilaksanakan Enterpreneur Study dan Businnes Club (ESBC) berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yang diserahkan perwakilan MURI Aryani kepada Bupati Kukar Rita Widaysari & Pimpinan ESBC Premi Nurhuda, di Dermaga Depan Museum, (29/6) lalu.

Pemecahan rekor MURI ini  mengumpulkan 3,4 Juta bibit Ikan dan berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Universitas Borneo Tarakan yang hanya 2,5 juta bibit ikan.

Hadir dalam gelaran tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Esty Reko Astuti, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, Dandim 0906 Tenggarong, Letkol Inf. Dendi Suryadi, Kapolres Tenggarong AKBP Abdul Karim, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Armaenadi, serta kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Wahyuni.

Bupati Rita sangat mengapreasi kegiatan penebaran bibit ikan tersebut, Dia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan ditahun-tahun mendatang, tentunya dengan jumlah lebih banyak lagi, agar habitat Ikan di Mahakam dapat terus terjaga, “Saya sangat senang dengan orang – orang muda yang kreatif seperti yang dilakukan teman – teman di ESBC ini, mudah – mudahan apa yang dilakukan ini mendapatkan hasil sesuai tujuannya” Ujar Rita

Perwakilan MURI Aryani mengatakan penebaran 3 juta ikan ini melampaui rekor yang dibuat Universitas Borneo Tarakan  pada 2012. Dia menyebutkan Kukar juga tercatat beberapa kali tercatat di buku rekor MURI, “Seperti penulisan pesan moral terpanjang pada zaman pak Syaukani, lomba menyumpit dengan peserta terbanyak dan bakar ikan sepanjang 9 Km” Ujar Aryani

Sementara itu Ketua Pelaksana Premi Nurhuda dari ESBC mengatakan Ikan sebanyak 3,4 juta lebih ditebar di Sungai Mahakam di mulai Dusun Tanjung Berukang sebagai titik nol KM dari perjalanan 100 KM penebaran bibit ikan, meliputi: Ikan Gurami 20 ribu, patin 235 ribu, lele 128 ribu, nila 931 ribu, dan bandeng 2 juta yang ditebar di delta Mahakam.

Premi mengungkapkan persiapan kegiatan sekitar tiga bulan, selama itu juga banyak dukungan dan kritikan dari berbagai pihak, “Namun yang membanggakan tentunya motivasi dari Ibu Bupati, karena selain misi untuk memecahkan rekor, kami ingin mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan, terutama perairan, sungai dan laut” Ujar Premi.

Sebelum penyerahan penghargaan MURI dilakukan pelepasan induk dan bibit ikan oleh Bupati Rita Widyasari bersama – sama Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf dan para pejabat lainnya.(vb/ 12)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.