ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

ADWINDO Gelar Fashion Adat Kanak Kutai

July 8, 2011 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG- vivaborneo.com, Asosiasi Duta Wisata Indonesia(ADWINDO) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara melalui bidang Pemberdayaan Masyarakat Wisata menggadakan  pemilihan teruna dara cilik tahun 2011  dalam rangka memeriahkan festifal Erau Adat Tepong Tawar di Tanah Kutai.

Perlombaan yang rencananya akan diikuti sekitar 20 orang peserta dengan kategori A yaitu Fashion adat daerah Kanak Kutai  diikuti sekitar 13 orang peserta dan kategori B pemilihan teruna dara cilik tahun 2011 diikuti sekitar 7 orang peserta. Kegiatan ini menurut rencana berlangsung 09 Juli 2011 pukul 09.00 wita di panggung utama Expo Festifal Erau Adat Tepong Tawar (Kompleks Stadion Aji Imboet Tenggarong Sebrang).

Saat ditemui di sela-sela teknikal Meeting Eristian Zulhaidir selaku panitia mengatakan salah satu penilaian  peserta untuk fashion adat kanak Kutai dengan kategori umur 4-5 tahun adalah pembawaan diri diatas penas, untuk masalah costum panitia tidak mempermasalahkan walaupun tidak lengkap sedangkan untuk kategori B penilaian diambil dari test tertuis, etika pembawaan diatas panggung (Bahasa Kutai) dan fashionshow di chatwalk.

Ia juga mengatakan maksud dari tujuan ini adalah untuk memotivasi generasi muda Kukar agar bisa mengenal budaya Kutai terutama mengenal pakaian adat kutai, selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk berbagi wawasan dan pengetahuan generasi muda tentang pariwisata Kutai, berpenampilan menarik serta membangun kepribadian diri positif, aktif dan bersahaja.

Ditempat yang berbeda Airin Susanti selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Wisata  mengatakan maksud dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam hal kebudayaan pariwisata Kutai Kartanegara.

“Sekarang ini  banyak generasi muda Kutai yang masih asing dengan budayanya sendiri, untuk itu melaui program seperti ini diharapkan bisa membantu generasi muda untuk lebih mengenal dan memahami budaya Kutai,” ujarnya

Ia juga berharap masyarakat dapat memberikan dukungan kepada anak-anak kita dan kedepannya acara seperti ini bisa menjadi ajang untuk pengembangan potensi diri yang positif. Ia juga sangat berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan setiap tahunnya selain untuk memeriahkan erau juga untuk menambah pengetahuan generasi muda tentang budaya Kutai. (vb/lina)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.