ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PKAC Kenalkan Aeromodelling di Kalangan Pelajar Bontang

June 26, 2009 by  
Filed under Olahraga Lain

Mengenal olahraga Aeromodelling sangat mungkin dilakukan sejak usia sekolah dasar. Olahraga yang lekat dengan tehnologi kedirgantaraan ini memang sangat menarik dan pasti tidak membosankan. Pupuk Kaltim Aeromodelling Club (PKAC) menggagas pengenalan olahraga ini di kalangan pelajar Bontang dan berharap kelak akan lahir atlet-atlet andalan Bontang dari cabang olahraga ini. (PKAC) adalah organisasi yang berada dibawah payung  Serikat Pekerja Korps Karyawan Pupuk Kaltim (KKPKT). Mereka memiliki konsen yang kuat tentang dunia aeromodelling.
“Pengenalan tentang  aeromodelling sangat mungkin dilakukan sejak  sekolah dasar.  Tehnologi kedirgantaraan ini sangat menarik dan tidak membosankan,” kata Helmi, perwakilan PKT saat membuka acara pengenalan dan pelatihan aeromodelling kepada para pelajar tingkat pertama dan atas serta umum di aula SMU YPK. Acara ini digelar sejak 23 Juni hingga 27 Juni 2009.
Paparan lain disampaikan Partono, sekeretaris panitia. Olahraga ini sangat baik menurutnya karena akan meningkatkan kecerdasan karena dasar teori dan ilmu aerodinamika dengan berbagai rumusan akan memaksa otak berfikir. Secara pisik, olahraga ini juga membutuhkan ketahanan  pisik yang terlatih. “Jika dikelola secara baik, cabang olahraga ini sangat potensial di kancah nasioanl seperti pada Kejurnas dan PON,” jelas Partono.
Aeromodelling sendiri adalah salah satu cabang olahraga yang bernaung dibawah federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang juga anggota Federasi Aeronautic Internasional (FAI).
Peserta dalam pelatihan ini mendapat banyak informasi mulai dari sejarah aeromodelling di Indonesia, organisasi aeromodelling, teori bahan dan pembuatan pesawat model OHLG dan CL (Control Line) hingga praktek penerbangan pesawat. Pelatih atau pemateri kegiatan ini adalah tokoh-tokoh aeromodelling di Indonesia seperti  Purnomo Sidhi sebagai Kapordiga Aeromodelling PB FASI, Yan Fajar Aswar , sekum PB Aeromodelling, dan Beni Linman Hadi atlet senior. (vb/07)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.