ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Nanas, si Manis yang Kaya Khasiat

June 21, 2010 by  
Filed under Kesehatan

Buah Nanas sering kita jumpai pada sajian penutup makanan dihotel-hotel berbintang bersanding dengan buah melon, pepaya dan semangka. Buah ini juga sangat mudah tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Jenisnya pun bermacam-macam dengan nama berbeda menyesuaikan nama tempat, rasa dan bentuknya. Ternyata, nanas memiliki sifat dan khasiat seperti mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, anti radang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah Nanas diperkirakan berasal dari Brasil.

Jika matang, buahnya berwarna kuning dan jika matang di pohon, ditandai dengan adanya kerutan-kerutan pada pangkal buahnya. Biasanya saat itulah petani memanen buah nanas. Sedangkan buah yang masih muda rasanya asam dan berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Sementara daunnya berkhasiat antipiretik, antelmintik, pencahar, antiradang, dan menormalkan siklus haid. Nanas biasa dijadikan obat alternatif untuk pengobatan rasa penuh di lambung, sembelit, radang tenggorokan, menurunkan berat badan, beri-beri, keseleo, bengkak terpukul, darah mudah menggumpal (blood coagulation), aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), menghambat pertumbuhan tumor, meningkatkan penyerapan (absorbsi) obat, terlambat haid, dan cacingan. Apalagi sifat nanas adalah mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat menghilangkan haus dan dehidrasi.

Selain itu, hati buah yang satu ini dipercaya bisa membangkitkan libido kaum lelaki. Terutama hati dari buah nanas yg masih mengkal atau muda. Untuk mengkonsumsinya juga cukup mudah. Setelah nanas dikupas kulitnya tinggal disantap. Tidak ada yang tersisa. Lakukan ini rutin minimal dua hari sekali. Anda akan tahu menfaatnya setelah rutin menyantapnya.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah nanas ini, yaitu: – Cacingan, Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras clan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

Peradangan di kulit (dermatitis); Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari. – Ketombe; Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. –

Menurunkan berat badan; Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari. –

Sembelit; Kupas 3 buah nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas.

Luka bakar, gatal dan bisul; Cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

Rasa penuh di lambung karena pencernaan terganggu. Minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (150 cc). Lakukan 1/2 jam sebelum makan.

Dari sekian manfat nanas, ternyata buah nanas perlu kehati-hatian dalam penggunaannya untuk Ibu hamil karena dilarang minum perasan buah nanas muda. Disamping itu, buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat menimbulkan kambuhnya rematik Gout. Begitupun dengan penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.(vb/yul/berbagai sumber)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Nanas, si Manis yang Kaya Khasiat"

  1. armouris on Sun, 4th Jul 2010 10:37 pm 

    lagi info tentang khasiat nanas di SIHAT SELALUKhasiat Nanas

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.