ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kampung Tering Lama Rayakan HUT ke 659

June 24, 2019 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SENDAWAR – Salah satu kampung bersejarah yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yaitu Kampung Tering Lama, Suku Dayak Bahau Saaq. Kampung ini disebut juga Umaa Huwang Triing merayakan hari jadinya ke 659 di Lamin Tering Lama, Minggu (23/6/2019).

Bupati Kutai Barat (Kubar) FX. Yapan yang hadir pada acara tersebut menyampaikan, keberadaan Kampung Tering sudah cukup lama dibuktikan dengan dibuatnya monumen dan juga prasasti bersejarah.

“Kampung Tering ini adalah kampung yang bersejarah, bahkan kampung ini ada sebelum wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merdeka,” kata bupati FX. Yapan SH.

Yapan mengatakan, bukti sejarah keberadaan kampung ini dengan adanya prasasti bersejarah. Karenanya patut dihargai jasa para tetua atau leluhur terdahulu yang membangun Kampung Huwang Triing ini.

Kepala Desa Tering Lama, Feromensius Liah Abeg mengatakan, peringatan HUT Umaa Huwang Triing atau Tering Lama merupakan ide para tokoh sesepuh yang tahu cerita nenek moyang, turun temurun sejarah.

Dituturkan, dahulu pemerintahan di Kampung Tering Lama atau Umaa Huwang Triing ini dipimpin oleh seorang raja, saat ini dipimpin oleh seorang bupati, camat dan juga kepala kampung.

Sementara Ketua panitia Bernadus Hului menyampaikan rangkaian kegiatan antara lain seminar tentang sejarah kampung, pentas seni, festival, kesenian daerah, lomba busana daerah, lomba olah raga tradisional, dan pameran kerajinan serta upacara adat Kayau yang merupakan adat leluhur pada Kampung Tering Lama.

“Kami berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, semoga kaum muda dapat melestarikan sejarah ini, ” kata Bernadus Hului.

Sementara itu Kepala Adat Besar Kabupaten Kutai Barat, Manar Dimansyah mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan HUT Umaa Huwang Triing ini dapat menjadi motivasi terhadap kampung yang punya nilai sejarah di Kubar ini. (arf).

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.