ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dishub Kubar Tertibkan Truk Pengangkut Sawit

June 7, 2018 by  
Filed under Serba-Serbi

SENDAWAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), melakukan penertiban persuasif pendahuluan terhadap truk angkutan sawit serta kelengkapan kendaraan. Kegiatan ini dimulai pada hari, Senin (4/6/2018), dan akan berlangsung hingga selesai cuti bersama.

“Usai lebaran Idul fitri akan diambil tindakan tegas, dan yang melanggar akan dikenakan sangsi hukum yang berlaku,” kata Kadishub Kubar Rahmat di kantornya.

Rahmat mengatakan, razia terhadap angkutan sawit dan CPO dengan melakukan pembinaan seperti di Pelabuhan Tering dan Sekolaq Darat. Razia dilakukan pelan – pelan sekaligus menyosialisasikan kepada para sopir truk angkutan sawit ini untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan, mulai dari kelengkapan dokumentasi surat, kelengkapan kendaraan dan kelayakan kendaraan serta waktu atau jam operasional muatan.

“Apabila dalam razia persuasif ini ada yang melanggar dan masih jalan di siang hari, kita suruh kembali ke central poin mereka,” kara Rahmat.

Saat ini masih melakukan pendekatan persuasif karenanya Dishub Kubar hanya menggandeng Satpol PP, dan belum melibatkan pihak kepolisian. Pada akhir Juni mendatang akan dilakukan razia kelapangan langsung bersama Dirjen Perhubungan Pusat dan juga Dishub Propinsi, serta pihak kepolisian akan menindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku.

Dishub Kubar berharap kepada para sopir yang bermuatan sawit untuk selalu mendahulukan kendaraan umum atau kendaraan masyarakat. Masyarakat Kubar juga diminta untuk saling berkordinasi dengan Dishub apabila mendapatkan sopir yang ugal – ugalan di jalan.

“Hubungi Dishub, catat KT mobilnya, dan kalo bisa di foto dengan muatannya,” ujar Rahmat. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.