ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Rumah Tongkonan Toraja jadi Destinasi Wisata di Samarinda

April 13, 2016 by  
Filed under Berita

VIVABORNEO.COM, Rumah Tongkonan khas Toraja yang dijadikan  destinasi budaya di kota Samarinda diresmikan oleh Walikota Samarinda H.Syaharie Jaang berlangsung meriah. Suasana kemeriahan peresmian rumah adat  Toraja yang berlangsung Selasa  (12/4), di Jalan Penangkaran Buaya Makroman disaksikan lebih dari 500  warga Toraja dan ratusan undangan lainnya.“Saya bangga hari ini karena keluarga besar dr. Samuel Randa Bunga telah membangun Tongkonan, sekaligus bersedia menjadikan sebagai destinasi budaya di kota Samarinda, sehingga masyarakat yang belum punya kesempatan datang ke Toraja bisa datang ke tempat ini untuk melihat dari dekat warisan budaya kita yang luar biasa.” kata H.Syaharie Jaang dalam sambutannya.

Ada tiga bangunan yang tampak, paling besar merupakan rumah Tongkonan dan ada dua buah rumah lumbung padi atau Alang Sura serta ada sebuah patung kerbau Saleko yang khusus didatangkan dari Tana Toraja.

Selain itu,  dilokasi tersebut terdapat juga kebun buah naga, areal pemancingan dengan beberapa gazebo  dan ruang pertemuan.

“Kita akan promosikan bersama obyek wisata ini bersama Dinas Pariwisata, dan saya sengaja membawa Kadis Cipta Karya dan Kadis Bina Marga biar paham untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan cor hingga ke lokasi  yang memang tinggal beberapa ratus meter saja,” ujar Jaang bersemangat sambil disambut tepuk tangan gemuruh para undangan.

Setelah sambutan walikota di lanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan peninjauan ke dalam Tongkonan untuk melihat langsung bagaimana ruangan-ruangan  yang ada di dalamnya.

Sementara itu dr.Samuel Randa Bunga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota Samarinda  Syaharie Jaang beserta Ibu  Puji Setyowati, Bapak Sofyan Hasdam selaku Ketua KKSS Kaltim, serta beberapa anggota DPRD Kaltim dan Kota Samarinda.

“Sangat khusus kepada Kadis Pariwisata Samarinda atas koordinasi, kerjasama dan perhatiaannya sehingga Tongkonan ini bisa menjadi destinasi wisata budaya di Samarinda,” ucap Samuel Randa Bunga.(vb/yul)

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.