ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Indonesia Pernah Terserang Virus Flu Babi

April 29, 2009 by  
Filed under Berita

Virus flu babi yang menghebohkan dunia saat ini ternyata telah ada di Indonesia. Hal ini dikatakan Gusti Ngurah Mahardika, Kepala Laboratorium Biomedik Universitas Udaya Bali, di Denpasar, Bali. Menurutnya, virus flu babi atau swine influenza dengan sub type H1N1 dipastikan sudah ada di Indonesia. Tapi, mempunyai genetik atau sifat yang berbeda. Jenis Flu ini pernah terjadi di Bali pada tahun 1918 lalu saat pandemik flu Spanyol merebak ke seluruh dunia. Dari jutaan orang meninggal, 100 an orang di antaranya adalah warga Bali.

Virus flu babi berkembang biak pada babi yang masih hidup. Karenanya, peternakan babi harus selalu waspada terhadap virus ini. Virus ini sebenarnya akan mati dengan suhu minimal 70 derajat celcius.

Pemerintah Indonesia sendiri tidak menganggap enteng virus ini yang telah menewaskan lebih seratus orang di Meksiko. Pengawasan kedatangan penumpang di bandara internasional terus dipantau.  Hingga saat ini, di Indonesia belum ada yang terdeteksi virus yang mematikan ini.(*/vb)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.