ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Masyarakat Antuasias Dukung BPS

March 22, 2019 by  
Filed under Serba-Serbi

Talisayan– Masyarakat Berau Pesisir Selatan (BPS) menyambut antusias perjuangan tim pemekaran untuk dapat mewujudkan BPS menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Diyakini, DOB bisa memberikan nilai positif terutama perkembangan dan kemajuan perekonomian masyarakat pesisir.

Fuad Abbas

Salah satu tokoh pemuda Kecamatan Biduk-Biduk, Fuad Abbas sangat optimis dengan dijadikan daerah otonomi baru, wilayah pesisir ini jauh lebih berkembang. Mulai dari hasil pertanian, kelautan hingga perekonomian masyarakat secara keseluruhan akan sejahtera.

“ Pembangunan infrastruturnya lebih terarah dan bisa sejajar dengan daerah lainnya di Kaltim. Saya kira sudah sapantasnya BPS menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan,” kata Fuad.

Dikatakan Fuad, selama ini masyarakat pesisir begitu merindukan daerahnya bisa berkembang pesat, bukan hanya dari segi perekonomian. Pembangunan diharapkan tanpa adanya kesan ‘tebang pilih’ dari pihak terkait.

“Untuk hasil laut saja, tak jarang masyarakat pesisir harus ke Samarinda, Bontang atau Balikpapan untuk menjual hasil tangkapan ikannya. Kondisi jalan rusak parah yang menghubungkan wilayah pesisir dengan daerah lainnya. Ini sangat memprihatinkan sekali bagi kami di pesisir,” sebut Fuad.

Sementara warga pesisir lainnya, Nurhafidah SKM mengaku, dengan BPS dijadikan DOB maka dengan sendirinya daerah tersebut akan membangun daerahnya, tanpa harus ketergantungan kebijakan daerah lainnya. Dicontohkan Nuhafidah yang tinggal di Kecamatan Lempake Kabupaten Berau ini, kondisi jalan saja sampai detik ini rusak parah. Tidak ada perbaikan baik dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi.

Kendala lain yang dihadapi antara lain jika mengurus segala sesuatunya, harus ke Tanjung Redeb dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Dengan melewati jalan yang rusak parah.

“Kalau kondisi hujan ya becek campur lumpur, kalau musim kemarau pasti jalannya berdebu,” sambat Fidah sembari menambahkan dengan kondisi jalan demikian, tak jarang kecelakaan lalulilntas di jalan acap terjadi.

Seperti diketahui rencana pembentukan daerah otonomi baru untuk Berau Pesisir Selatan (BPS), yang sudah lama disuarakan dan sempat ‘Mandek’ kembali diperjuangan oleh tim pemekaran. Untuk memuluskan hal itu, secara administrasi semua persyaratan terbentuknya DOB telah terpenuhi. Dan waktu dekat ini beberapa anggota tim berangkat ke Jakarta untuk bertemu Kemendagri bagian Otonomi Daerah.

Bahkan mantan Gubernur Kaltim lalu, H Awang Faroek Ishak menilai BPS sudah sangat laik menjadi DOB. Ini dilihat dari sumber daya alam yang ada di kecamatan, mulai dari Tabalar, Lempake, Biatan, Talisayan, Batu Putih dan Bidukbiduk.

“Saya sangat mendukung rencana pemekaran ini. Saya lihat potensi yang ada di kecamatan calon DOB ini bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Ibukota BPS nantinya bisa di Talisayan,” tegas Awang Faroek Ishak. (Yoi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.