ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Ikapi Gelar Samarinda Book Fair

March 25, 2013 by  
Filed under Berita

SAMARINDA—vivaborneo.com, Samarinda dipercaya untuk menggelar Samarinda Book Fair oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) pusat. Kegiatan ini merupakan rangkaian road show pameran buku skala nasional di Kalimantan.  Pameran terbesar dan terlengkap akan digelar di GOR Segiri Samarinda, 13-21 April mendatang.

“Gawe besar ini. Kita kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Samarinda bekerjasama dengan Ikapi dan Badan Perpustakaan Kaltim akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan yang diikuti penerbit secara nasional di luar Kalimantan,” ungkap ketua Panitia Samarinda Book Fair Hj Mardiana seusai memimpin rapat persiapan di kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Samarinda, Senin (25/3).

Ia menyebutkan hingga saat ini, sebanyak 26 stand di dalam gedung serbaguna GOR Segiri sudah diisi penerbit dari luar Kalimantan, belum termasuk stand di halaman parkir.

“Ini pameran yang terbesar di Kalimantan, yang akan memamerkan 150 ribuan lebih judul buku. Jadi, dalam pameran ini, tidak hanya menggunakan gedung serbaguna, tapi juga hingga menggunakan halaman parkir GOR,” ucap Mardiana yang juga kepala kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Samarinda.
Mardiana meyakini kegiatan ini akan mendapat apresiasi tinggi dari seluruh penggiat perbukuan dan masyarakat luas.

Menurutnya, dengan adanya pesta buku ini akan menjadi wadah komunikasi interaktif antara masyarakat serta dunia pendidikan dengan penerbit, pengarang, distributor buku, toko buku dan insan perbukuan lainnya.

“Kegiatan ini memadukan unsur hiburan, dengan dikemas sebagai ajang untuk menampilkan beraneka ragam produk berkaitan dengan perbukuan, sarana pendidikan, dan lembaga-lembaga yang peduli terhadap upaya pencerdasan dan kemajuan bangsa,” tandasnya.

Dalam pameran itu juga dirangkaikan berbagai kegiatan, mulai temu pengarang, workshop “Bagaimana Cara Membuat Buku”, lomba mendongeng, lomba melukis di payung dan lomba karaoke, hingga seminar sehari Pembudayaan Kegemaran Membaca dengan narasumber H Syafruddin Pernyata.

Dalam pameran buku yang dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WITA setiap harinya ini, tidak memungut biaya masuk, bahkan ada pesta diskon hingga 70 persen. (vb/smd2)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.