ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Disdik Gelar OST-SMK Tingkat Kabupaten Kukar

March 6, 2013 by  
Filed under Serba-Serbi

Tenggarong – vivaborneo.com, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu, menggelar  Olimpiade Sains Terapan Sekolah Menengah Kejuruan (OST-SMK) Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara, kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Lizha Tenggarong.

Adapun sains terapan yang diperlombakan meliputi Matematika Teknologi, dan Matematika Non Teknologi , Fisikia Terapan, Biologi Terapan, dan Kimia Terapan

Menurut Ketua Panitia Ita Susanti OST-SMK tingkat Kabupaten Kukar diikuti sebanyak 32 siswa dari 13 SMK negeri dan swasta, dengan menghadirkan juri dari MIPA Universitas Mulawarman. Dikatakannya kegiatan OST-SMK tersebut digelar untuk mempersiapkan siswa terbaik dibidangnya, yang akan mewakili Kukar pada OST-SMK Tingkat Provinsi Kaltim.

“Para juara 1 pada OST-SMK  Tingkat Kabupaten Kukar ini, berhak mengikuti OST-SMK Tingkat Provinsi Kaltim yang akan digelar pada tanggal 14 Maret 2013 yang akan datang, dan ajang ini merupakan salah satu parameter prestasi siswa,” kata Ita Susanti.

Sementara itu, Kadisdik Kukar H Hermawan mengatakan masyarakat atau individu yang kompetitif dan dapat bekerjasama, dipacu oleh sikap inovatif yang merupakan paradigma baru. Termasuk didalamnya pembinaan prestasi siswa yang dapat dilakukan melalui sisi akademik, skill, seni budaya, dan olahraga.

“Pelaksanaan OST-SMK Tingkat Kabupaten Kukar ini merupakan salah satu upaya menghargai dan mengapresiasi bidang sains terapan, serta menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan adaptif dalam penguasaan teknologi, juga sebagai ajang pencarian SDM yang unggul dan berkualitas, terutama dibidang tingkat satuan pendidikan menengah, khususnya dibidang sains terapan. “ kata Hermawan.

Menurut H Hermawan OST-SMK ini juga merupakan ajang dan media memberikan ruang kepada siswa untuk berkompetensi meraih puncak dibidangnya, sehingga system penjaringannya dilakukan dengan cara menyeleksi secara ketat, transparan, dan terukur, dengan demikian dapat memberikan rasa kebanggan yang dapat memotivasi siswa untuk terus berprestasi, berkreasi, dan berinovasi dalam kompetensi bidang ilmunya.

Dia berharap melalui OST-SMK siswa dapat terus mengupdate dan mengekspor diri sesuai secara berkesinambungan, apalagi dalam menghadapi tuntutan global, dimana SDM menjadi kekuatan utama dalam menghasilkan keunggulan dalam konteks yang lebih komprehensif dan inovatif.

“Siswa hendaknya terus mengisi diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan dan budi pekerti, mengingat siswa yang berprestasi tentunya nanti akan menjadi contoh bagi siswa lainnya,” kata Hermawan lagi. (vb/rudi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.