ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dayaku Raja, Rumah Sakit Tanpa Kelas

March 18, 2013 by  
Filed under Kesehatan

TENGGARONG-vivaborneo.com,  Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,  khususnya masyarakat Kota Bangun dan sekitarnya, serta masyarakat hulu pada umumnya, pada Rabu (13/3) lalu Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) meresmikan pengoperasian (soft launching) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kota Bangun.

Peresmian RSUD yang diberi nama Dayaku Raja itu dihadiri seluruh kepala SKPD, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), para pimpinan Komisi DPRD Kukar serta para dokter, tenaga medis, tokah masyarakat, dan  tokoh pemuda yang disaksikan ratusan warga masyarakat Kota Bangun dan sekitarnya .

Bupati Kukar Rita  Widyasari mengatakan,  pengoperasian  rumah sakit yang dibangun pada 2002 itu akan mulai memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Bangun dan sekitarnya. “Ini merupakan komitmen kami dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah hulu, terutama pelayanan tujukan yang sangat dibutuhkan,” ujar Rita

Rumah sakit ini berkonsep tanpa kelas, artinya tidak ada pembedaan terhadap  pasien baik kaya maupun miskin semua diberikan pelayanan yang sama. Di rumah sakit ini tidak ada kelas satu, kelas dua ataupun VIP, semua mendapatkan pelayanan yang sama, dan gratis.

Rita menceritakan asal mula munculnya nama “Dayaku Raja”, hal tersebut didasari beberapa pertimbangan, pertama rumah sakit ini mulai dibangun pada masa pemerintahan bupati Syaukani HR dengan program Gerbang Dayaku dan mulai beroperasi pada saat pemerintahannya dengan program Gerbang Raja.

Dayaku raja jelas Dia, diartikan sebagai Dasar Pelayananku kaulah Raja yang memiliki makna bahwa dalam proses pelayanan kesehatan maka pasien adalah Raja.

“Jadi semua petugas medis, baik itu dokter, perawat maupun petugas yang lain harus bermindset bahwa pasien,  kita anggap raja, sehingga tidak ada kelas-kelas yang membedakan pasien kaya dan pasien miskin,” jelas Rita.

Rita berharap adanya rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat bagi enam kecamatan hulu mahakam, sehingga tidak ada lagi warga masyarakat dikecamatan diwilayah hulu yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.

Peresmian RSUD Dayaku Raja ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Kukar Rita Widyasari, sebagai tanda dimulainya pengoperasian RSUD Dayaku Raja, serta penanaman pohon penghijauan di halaman rumah sakit. (vb/12)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.