ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Balikpapan Kaji Kelayakan Monorel dan Trem

March 12, 2013 by  
Filed under Balikpapan

Balikpapan-viavaborneo.com, Pemkot Balikpapan akan melakukan studi kelayakan penggunaan transportasi massal monorel dan trem. Kajian penggunaan transportasi massal di Kota Balikpapan itu masuk dalam program Bappeda Kota Balikpapan 2013.

Bappeda Kota Balikpapan mengalokasikan Rp 665 juta dari APBD Kaltim untuk melakukan studi kelayakan monorel dan trem. Saat ini, studi kelayakan masih dalam tahap pelelangan. Rencananya, studi akan dimulai pada Mei 2013.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Suseno sejak pertengahan 2012 sudah mengumbar wacana studi kelayakan moda transportasi Trem dan Monorel kepada publik. Bahkan dia mengatakan, studi kelayakan Trem dan Monorel Kota Balikpapan akan dimasukkan dalam APBD Perubahan 2012. Namun, keinginan Pemkot Balikpapan untuk melakukan penelitian tentang kelayakan Trem dan Monorel di Kota Balikpapan baru terwujud di 2013

Seperti diketahui, Kota Surabaya tahun ini direncanakan membangun fasilitas monorel dan trem untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Trem adalah kereta di tengah kota yang memiliki rel khusus. Trem juga disebut Light Rail karena memakai bahan bodi ringan seperti bus. (vb/bas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.