ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

347 Siswa Terima Beasiswa dari BAZ

March 18, 2013 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA—Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Samarinda kembali menyalurkan bantuan untuk 347 siswa tak mampu di kota Samarinda, terdiri dari 301 siswa SD/MI, 29 siswa SMP/MTs, dan 17 siswa SMA/SMK/MA.

“Nilainya bervariasi, untuk SD masing-masing Rp 200 ribu, SMP Rp 300 ribu dan SMA Rp 400 ribu. Jadi totalnya hari ini Rp 75.700.000. Kita juga memberikan bantuan bagi anak SDN 012 Samarinda Seberang yang sekolahnya terbakar sebanyak 9 anak, masing-masing dibantu uang Rp 250 ribu untuk membeli seragam sekolah,” ungkap ketua BAZDA Samarinda H Asmuni Ali dalam laporannya saat penyerahan simbolis beasiswa dirangkai apel pagi di Dinas Pendidikan Samarinda, Senin (18/3).

Di kesempatan itu, juga disalurkan ZIS untuk Wajar Dikdas 12 tahun melalui Madrasah Ibtidayah Ar Raudah Samarinda oleh BAZNAS Propinsi Kaltim Rp 10 juta.
Asmuni mengaku sedih dengan masih sedikitnya sekolah yang siswanya berpartisipasi kupon infaq Rp 1.000. “Selain mengumpulkan infaq, kita disini ingin membiasakan anak-anak berinfaq sejak dini. Untuk tahun 2012 hingga Februari 2013, yang aktif untuk SD baru 36 sekolah, SMP 21 sekolah dan SMA 7 sekolah. SD sendiri berhasil mengumpulkan infaq Rp 25.833.000, SMP Rp 9.159.000, dan SMA Rp 6.005.000. totalnya Rp 40.997.000,” beber mantan Sekkot Samarinda ini.

Ia mengharapkan sekolah-sekolah yang belum aktif supaya bisa aktif di kupon infaq ini, karena dana yang terkumpul juga akan disalurkan kembali untuk kepentingan pendidikan.

Sementara wakil wali kota Samarinda H Nusyirwan Ismail yang dalam kesempatan itu menjadi Pembina Apel sekaligus menyerahkan beasiswa secara simbolis, mengatakan supaya tidak melihat dari nilainya, melainkan kualitas program BAZ.

“Kepedulian BAZ di dunia pendidikan, penyalurannya untuk siswa tak mampu, baik biaya sekolah maupun seragam hingga peralatan sekolah. Begitulah mata rantai kepedulian yang dikembangkan BAZ karena memang kewajibannya menyalurkan amanat dari masyarakat. Mudahan kepercayaan meningkat dan warga tidak ragu,” ucap Nusyirwan.

Nusyirwan mengatakan BAZ sangat mendukung dalam mewujudkan Indek Pembangunan Manusia (IPM), dimana Samarinda termasuk peraih nilai di tinggi untuk di Kaltim bersama Balikpapan.

“Pembentukan IPM tidak gampang, mari kita jaga nilai tinggi ini. Salah satu pilar IPM adalah bidang SDM. Untuk SDM ini tentunya melalui pendidikan. BAZ juga ikut andil mewujudkan SDM, termasuk di pilar kesehatan dengan derajat yang baik, BAZ ikut mendukung, diantaranya baru-baru ini saya meresmikan Klinik Dhuafa yang dikelola BAZ. Program kesehatan ini tidak overlaping dengan Jamkesda maupun Jamkesmas program pemerintah. Tapi malah memberikan banyaknya titik layanan,” imbuhnya.(vb/smd2)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.