ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Xpress Air Uji Coba Kelayakan di Bandara Melalan Sendawar

February 5, 2018 by  
Filed under Berita

SENDAWAR – Penerbangan uji coba Xepress Air di Bandara Melalan Sendawar, Kutai Barat (Kubar) untuk mengisi penerbangan di Kubar dilakukan Sabtu (3/2/2018). Meski ujicoba berlangsung lancar, masyarakat Kubar masih harus menunggu izin Dirjen Perhubungan RI untuk rute penerbangan komersial.

Direktur Xpress Air Bambang Irwanto kepada wartawan setealah mendarat di Bandara Melalan Kubar mengatakan, ada beberapa yang harus diurus untuk keluarnya izin. Saat ini sudah masuk Fase Proving Flight (pembuktian penerbangan). Setelah itu adalah izin sertifikasi dan ijin rute. Setelah ada sertifikasi dan ijin rute barulah bisa melakukan penerbangan komersial untuk angkutan penumpang.

“Jadi masyarakat Kubar jangan kawatir, bulan Februari ini semua ijin sudah selesai dan pesawat sudah memulai penerbangan komersial,” kelas Bambang Irwanto.

Sementara itu Ketua Team Sertifikasi Dirjen Perhubungan Udara RI, Rudi saat di temui secara terpisah mengatakan, penerbangan perdana ini Xpress Air adalah uji coba armada, termasuk memantau kelayakan engine (mesin) dan badan pesawat yang akan digunakan untuk angkutan umum dari dan daerah se – Indonesia, termasuk ke Kubar. Dalam penerbangan perdana (emergency), sejumlah pihak ikut serta Dirjen dan Manajeman Xpress Air, namun tidak membawa penumpang umum.

Dirjen akan mengeluarkan dua izin setelah izin operasional yang diuji coba hari ini sukses,                 “ Saya kira pekan depan sudah kita buat laporan kelayakan Xpress Air untuk melakukan penerbangan komersial,” kata Rudi. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.