ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kolam Renang PJB, Wahana Wisata Sambil Berolahraga

February 8, 2016 by  
Filed under Wisata

LIBUR akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengisi waktu berkualitas bersama keluarga, salah satunya yaitu dengan berolahraga bersama, maupun berwisata.

Tenggarong yang merupakan ibu kota kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terdapat wahana yang menawarkan area wisata bermain air sambil berolahraga. Kolam renang Puteri Junjung Buyah (PJB) yang berada di kompleks olahraga Rondong Demang Tenggarong, telah dibuka untuk umum sejak Agustus 2015 lalu.

Awalnya kolam renang PJB dibuat untuk menunjang atlet Kukar, baik itu sebagai wadah berlatih maupun menyelenggarakan event-event olahraga aquatic. Namun, seiring perkembangannya kolam renang PJB juga dibuka untuk umum.

“Kolam ini berpotensi menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga kami buka untuk umum. Dari Agustus sampai Desember 2015 PJB ini telah menyumbang Rp 44 juta untuk PAD,” ujar Kepala UPT Stadion Madya Aji Imbut dan Rondong Demang Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar, H Erwin Renaldi, Minggu (7/2).

Ada 6 kolam yang tersedia di PJB, yaitu kolam utama atau kolam Olympic dengan ketinggian air 240 cm, kolam pemanasan dengan tinggi air 110 cm, kolam loncat indah sedalam 274 cm, kemudian kolam arus dengan ketinggian air 110 cm. Serta ada 2 kolam untuk anak-anak yaitu kolam dengan kedalaman 65 cm, dan kolam yang dilengkapi dengan permainan seluncur atau perosotan dengan ketinggian air 72 cm. Seluruh wahana itu dapat dinikmati dengan membayar tiket masuk Rp 11 ribu per orang, baik dewasa maupun anak-anak.

Selain 6 kolam, PJB juga dilengkapi dengan kamar ganti khusus pria dan khusus wanita. Untuk anda yang ingin bersantai, jangan khawatir, di PJB juga terdapat gazebo dan balkon yang teduh dilengkapi dengan kursi panjang untuk merebahkan badan. di kolam renang PJB juga terdapat Mushola. Jika pengunjung ingin melepas dahaga dan mengisi perut, ada kantin yang menawarkan aneka minuman dan makanan ringan serta mie rebus.

Bagi pengunjung yang ingin pelampung, pengelola juga menyewakan aneka pelampung dengan biaya Rp 5 ribu sampai dengan Rp 15 ribu rupiah tergantung jenisnya.  Untuk pengunjung yang ingin menyimpan barang bawaannya, pengelola juga menyewakan locker dengan biaya Rp 2 ribu.

Untuk keamanan, di PJB juga terdapat petugas yang mengawasi pengunjung. Namun, meski demikian, pengunjung tetap diminta mengawasi anggota keluarganya saat bermain air, khususnya bagi anak-anak.

“Jika hari libur seperti sekarang, pengunjung PJB bisa mencapai 300 orang dalam sehari,” ujar Erwin

Salah satu pengunjung kolam renang PJB Tolif Anggraini yang membawa serta anggota keluarganya untuk mengisi hari libur mengatakan, kolam renang ini cukup bagus, bagi anak-anak bermain air.

“Kami para orangtua bisa mengobrol santai,” ujar warga SP 1 kecamatan Sebulu, saat ditemui sedang bersantai di balkon kolam renang PJB, Minggu (7/2).

Kemudian Monika, remaja penghuni asrama Katolik Jl Maduningrat Tenggarong itu datang ke PJB bersama rekan-rekan se asrama.

“Kami memang hobi berenang, jadi paling tidak sebulan dua kali kami datang ke PJB, selain untuk olahraga juga untuk bermain-main,” ujarnya.

Kolam renang PJB buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 wita, kecuali hari Kamis dan Jumat di tutup untuk perawatan kolam.  (hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.