Subscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasNews FeedSubscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasComments

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Jangan Kendur Disiplin Protokol Kesehatan

February 19, 2021 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 kembali meningkat di Kaltim. Perkembangan pada Kamis (18/2/2021) terdapat tambahan harian terkonfirmasi positif sebanyak 518 kasus, sementara sembuh atau selesai isolasi 492 kasus.

“Intinya, kalau kita mau sehat, ya disiplin protokol kesehatan. Jangan kendur,” tegas Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto, Jumat (19/2/2021).

Penularan tinggi yang kembali terjadi menurut Yudha, bisa dipastikan karena kurangnya disiplin masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan.

Sebab jika media penyebaran Covid-19 ini diisolasi atau ditutup, maka akan sangat sulit virus berbahaya ini masuk ke tubuh-tubuh yang lain. Dengan begitu maka tidak akan terjadi penularan dan penyebaran lagi.

“Protokol kesehatan 5M itu cara termudah dan terbaik untuk memutus rantai penularan Covid-19. Hanya butuh kedisiplinan bersama,” tukas Yudha.

Protokol kesehatan 5M itu adalah memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Penambahan kasus positif tertinggi kemarin berasal dari Kutai Timur dengan 153 kasus dan Balikpapan dengan 117 kasus.

“Tambahan kasus positif terjadi di semua kabupaten dan kota. Jadi dimana pun kita berada, 5M tidak boleh kendur,” pesan Yudha lagi. (sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.