ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Disnak Kaltim Tingkatkan Pembinaan Peternakan Burung Puyuh

February 17, 2011 by  
Filed under Agrobisnis

Share this news

SAMARINDA–vivaborneo.com, Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim terus berupaya meningkatkan pembinaan dan memberikan dukungan bagi masyarakat yang ingin berternak Burung Puyuh. Kegiatan peternakan ini sangat prospektif untuk terus dikembangkan, apalagi untuk kegiatan ini tidak terlalu rumit dan tidak memerlukan kawasan yang luas.Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Ibrahim, usai melakukan peninjauan terhadap peternakan Burung Puyuh di kawasan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara.

“Sesuai dengan tugas pokok instansi kami untuk memberikan pembinaan terhadap peternakan unggas, baik jenis ayam potong atau pedaging, ayam lokal, itik maupun jenis unggas lainnya, termasuk ternak Burung Puyuh,” ujar Ibrahim.

Menurut dia, ternak jenis burung ini sangat menjanjikan dan peluang usaha yang terbuka  untuk dilakukan masyarakat. Karena hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan untuk jenis burung ini, pemerintah masih harus mendatangkan dari daerah lain, seperti Surabaya maupun  Jawa Barat untuk mendatangkan telurnya.

Padahal, jenis burung ini selain menghasilkan telur, juga dagingnya dapat dikonsumsi dan menjadi kebutuhan usaha rumah makan. Karena dagingnya diperlukan untuk diolah menjadi berbagai macam menu masakan.

Sedangkan dalam pengelolaan ternaknya tidak terlalu sulit atau sama halnya dengan memelihara jenis unggas lainnya. Selain itu, tidak diperlukan kawasan atau areal yang luas untuk membuat kandang ternaknya.

“Untuk berternak jenis unggas ini dapat dilakukan siapa saja, bahkan tidak diperlukan modal usaha yang besar untuk pengelolaannya. Hanya dalam waktu 35 hari burung ini sudah dapat memproduksi telur. Apabila  sudah mencapai umur satu tahun, maka daging burung sudah dapat dikonsumsi,” jelasnya.

Pengembangan usaha ini sangat bagus, apalagi telurnya dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak karena tidak terlalu besar. Dan kegiatan usaha ini dapat dilakukan masyarakat untuk menambah pendapatan keluarga.

“Disnak Kaltim melalui Disnak kabupaten dan kota terus memberikan motivasi, serta pembinaan bagi pengembangan peternakan jenis burung Puyuh ini. Karena tidak diperlukan modal usaha yang besar untuk pengelolaannya, terutama bagi kalangan masyarakat umum untuk menambah pemasukan rumah tangga,” ujar Ibrahim. (vb/mas)


Share this news

Respon Pembaca

15 Komentar untuk "Disnak Kaltim Tingkatkan Pembinaan Peternakan Burung Puyuh"

  1. Iklan Lowongan Kerja on Thu, 24th Feb 2011 1:01 am 

    Salam damai n sejahtera Vivaborneo, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

  2. Lowongan Kerja 2011 on Thu, 24th Feb 2011 6:00 am 

    Salam damai n sejahtera Vivaborneo, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

  3. Eko on Thu, 28th Apr 2011 2:29 pm 

    dimana saya bisa membeli bibit burung puyuh yang siap untuk diternakan atau siap produksi ?
    trims.

  4. Rian Pahlevi on Fri, 16th Dec 2011 2:54 pm 

    saya ingin membuka peternakan burung puyuh petelur.., dimana saya bisa mendapatkan bibitnya dan berapa harganya ? apakah ada program kemitraan ?

  5. dimas on Sat, 16th May 2015 11:16 am 

    Saya dari balikpapan…dimna saya bisa mendapatkn bibit puyuh

  6. samidri on Thu, 21st May 2015 10:13 pm 

    Untuk wilayah kaltim tanahgrogot dimana kami bisa dapat bibit puyuh nya??thnk

  7. lukman on Sat, 11th Jul 2015 8:45 am 

    Dimana bisa saya dapatkan bibit burung puyuh

  8. lukman on Sat, 11th Jul 2015 8:46 am 

    Dimana bisa saya dapatkan bibit burung puyuh daerah samarinda

  9. supian on Wed, 12th Aug 2015 8:59 pm 

    bagaimana untuk mendapatkan bibit burung puyuh dod atau yg sudah siap produksi, atau dinas peternakan dapat mempasilitasinya

  10. Upik on Wed, 2nd Mar 2016 8:58 pm 

    Saya disangasanga. Dimana saya bisa mendapatkan bibit burung puyuh petelur di Samarinda. Kira brp kisaran harga per ekor yg siap produksi. mohon infonya, karena saya sangat tertarik dan berencana membuat usaha budidaya burung puyuh petelur

  11. Nanang on Thu, 9th Jun 2016 11:25 pm 

    Saya tinggal di muara badak, dimana kami bisa dapat bibit atw indukan puyuh siap produktif , berapa harganya per ekor bibit dan atau indukan siap telur ? Dimana kami bisa mendapat pelatihan untuk pemeliharaan burung puyuh agar bisa efektif dan efisien dalam produksi telur atw daging burung puyuh ? Terima kasih

  12. Deny on Tue, 9th Aug 2016 9:40 pm 

    saya tinggal di tanah grogot, saya baru mau memulai ternak puyuh, dimana saya bisa dapat bibit puyuh dibawah 2 minggu ? dan apa ada semacam pelatihan atau peternakan yang bersedia memberikan pembelajaran ternak puyuh ini ? mohon infonya teriman kasih

  13. admin on Wed, 10th Aug 2016 10:15 am 

    Silahkan hubungi Mbah Surip Jalan Padat Karya Bengkuring Luar Sempaja Selatan, Samarinda. atau sms 0812 533 62 513

  14. untung on Sun, 11th Sep 2016 11:34 am 

    Untuk tanah grogot di mna ya bsa pesan bibit burung puyuh makash…

  15. Yana on Wed, 12th Oct 2016 6:25 am 

    Saya invin mencoba jual telor puyuh dan telor ayam..karna msh baru mau jual dan terbentur modal jadi penvambilan telor dlm jumlah sedikit sedikit saja
    saya tinggl di kota samarinda
    biila berkenan dapat menghubungi saya
    no.hp 0852 4672 0359
    sya sangt mengharap ada yang sudi membantu saya…trimakasih

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.