ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BKMOM Kaltim Layani Operasi Lasik Bagi Masalah Mata

February 28, 2011 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com – Teknologi penemuan dalam bidang kesehatan mata untuk mengatasi masalah seperti rabun dekat, rabun jauh atau katarak kini telah dapat dihadirkan di Kaltim,  dengan diresmikannya penggunaan alat Operasi Lasik (Laser Assisted In Situ Keratomileusis), bertempat di Gedung Balai  Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat (BKMOM), Sabtu (26/2).Gubernur Kaltim yang diwakili Asisten Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat, H Sutarnyoto dalam acara peresmian tersebut mengatakan dengan diresmikannya peralatan Lasik ini, masyarakat hendaknya dapat memanfaatkan pelayanan ini tanpa harus pergi ke luar daerah.

Peralatan  operasi Lasik yang ada di  Unit Pelaksna Teknis Daerah (UPTD) Badan Kesehatan Masyarakat dan Olahraga Masyarakat (BKMOM) merupakan  peralatan canggih yang baru terdapat dua buah dimiliki oleh pemerintah, salah satunya yang dimiliki oleh UPTD BKMOM Kaltim.  Sehingga, dengan dioperasikannya peralatan operasi mata ini, menjadikan Kaltim sebagai provinsi rujukan untuk Indonesia bagian Tengah dan Timur.

”Alat operasi Lasik ini merupakan alat canggih dan mahal harganya. Untuk itu, saya berpesan agar peralatan ini dapat dijaga dan digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi  masyarakat kelas menengah kebawah,” ujar Sutarnyoto.

Melalui Sutarnyoto, Gubernur juga berpesan agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengoperasikan alat operasi modern ini dapat terus meningkatkan kemampuannya. Selain masalah pengoperasian, Gubernur juga berpesan agar alat ini dijaga dari kerusakan, karena apabila terjadi kerusakan, lanjutnya, akan sangat sulit untuk  mencari suku cadang dan perbaikannya.

Untuk mendukung pelayanan dan  kenyamanan pasien, Gubernur juga berpesan agar ruangan dan gedung UPTD BKMOM dapat ditata ulang ataupun dianggarkan agar direnovasi. Dengan begitu, masyarakat akan lebih yakin dan percaya akan  pelayanan Lasik yang diberikan.

”Gedung dan ruangan juga perlu ditata ulang, kalau perlu direnovasi agar masyarakat merasa yakin dan tenang terhadap pelayanan yang diberikan. Jangan sampai peralatan yang canggih dan mahal ini tidak didukung oleh ruangan yang refresentatif,” pintanya.

Dengan dioperasikannya peralatan Lasik ini, masyarakat diimau untuk dapat  memanfaatkannya, karena harga yang dikenakan sebesar Rp.5,3 juta sudah  termasuk obat-obatan pasca operasi, adalah ahrga yang telah disubsidi oleh pemerintah. Jika, harga tersebut tidak diatur oleh Pemprov Kaltim ,maka biaya sekali opeasi Lasik di Jakarta saja, mencapai Rp.15 – 25 juta.(vb/yul)

Respon Pembaca

8 Komentar untuk "BKMOM Kaltim Layani Operasi Lasik Bagi Masalah Mata"

  1. NOVITA on Thu, 3rd Mar 2011 3:19 pm 

    Saya tertarik untuk bedah lasik karena minus saya sudah mencapai min 6 apakah biaya tersebut diatas sudah lengkap untuk 2 mata plus obat2an ?

  2. wilis amaliani on Tue, 9th Jul 2013 1:42 pm 

    dmna sih posisi rmh sakit tuk oprasi lasik d samrinda…minsq da 10 dan 11.

  3. Edy Sumirat on Mon, 10th Mar 2014 12:02 am 

    Mohon infonya jika dari luar daerah apakah bisa juga?? Dan mohon infonya juga alamat nya

    Demikian dan Terima kasih
    Salam
    Edy

  4. admin on Fri, 14th Mar 2014 9:56 pm 

    Redaksi: Pertanyaan anda akan kami tanyakan dahulu kepada instansi yang melaksanakannya. Alamat BKMOM, Jalan Basuki Rahmad No.1 Samarinda. Setahu saya operasi lasik yang dilakukan pada teman saya berhasil dengan baik. Pasien berkacamata sejak SMP, dan kini berumur 42 tahun telah tidakmemakai kacamata lagi.

  5. Hadi on Sat, 15th Nov 2014 12:39 pm 

    Maaf mau tanya, Untuk program bbjs keseatan apakh bisa dirujuk pengobatan disini?

  6. deny on Tue, 3rd Mar 2015 7:31 pm 

    untuk mata silinder apa bisa di lasik juga ?

  7. Anonim on Thu, 10th Dec 2015 11:44 am 

    Admin saya tertarik untuk melakukan operasi lasik.. Tapi ada beberapa yg ingin saya tanyakan ;
    1. apakah operasi lasik ini bisa di gunakan untuk mata silinder??,
    2.jika iya, dmn alamat lengkap tempat operasi tersebut?
    3.Dan apa bisa memakai bpjs kesehatan? Mohon dijawab. Terimakasih.

  8. Ine on Tue, 25th Oct 2016 10:47 am 

    Min setelahnlasik mata apakah bs melahirkan secara normal?

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.