SMA YPK Tenggarong Rebut Juara I Lomba Perahu Naga

July 15, 2010 by  
Filed under Olahraga Lain

TENGGARONG – vivaborneo.com, SMA Yayasan Pendidikan Kutai (YPK) Tenggarong berhasil menjadi yang terbaik  setelah mengalahkan lawan-lawannya dengan cacatan waktu 2.04.26 detik dan berhak membawa hadiah sebesar Rp.7.5 juta pada Final Lomba Perahu Naga (Tradisional) untuk katagori tingkat sekolah dengan jarak tempuh 500 meter, yang berlangsung di Sungai Mahakam,  Rabu (14/7) kemarin.

Lomba Perahu Naga

Lomba Perahu Naga

Untuk juara 2 dan 3 masing-masing dari  MAN Kota Bangun B dengan catatan waktu 2.10.33 detik dan membawa hadiah Rp.6 juta, dan MAN Kota Bangun A catatan waktu 2.12.08 detik dengan membawa hadiah Rp.5 juta, sedangkan juara 4 diraih SMA 1 Muara Kaman catatan waktu 2.19.10 detik dengan hadiah Rp.4 juta.

Sedangkan pada katagori umum  dengan jarak 750 meter, untuk Juara I direbut oleh Macan Dahan Kabupaten Kutai Barat (Kubar) A dengan catatan waktu 2.55.81 detik dan berhak membawa pulang hadiah Rp.20 juta, Juara 2 dari Sama Taka Kabupaten Pasir dengan cacatan waktu 3.00.32 detik (Rp.15 juta), dan Juara 3 dari PODSI KONI Kukar dengan catatan waktu 03.01.56 detik (Rp.10 juta).

“Lomba Perahu Naga, kita gelar untuk turut memeriahkan pesta adat Erau Pelas 7 Benua 2010,” ujar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata H Fachrodin disela-sela menyerahkan hadiah secara simbolis kepada pemenang.

Dirinya selaku panitia merasa puas, dengan penyelenggaraan Loma Perahu Tradisonal (Naga) tersebut, karena sejak berlangsungnya pertandingan dari babak penyisihan sampai dengan babak final, antusias penonton yang menyaksikan lomba perahu tradisional tersebut sangatlah besar.

“Lomba Perahu Naga, akan terus kita laksanakan dan akan menjadi agenda tetap oleh panitia Erau, sehingga setiap penyelenggaran Erau ditahun-tahun mendatang, gelaran Lomba Perahu  Naga dapat terus dilaksanakan, ” ujarnya Fachrodin

Ia juga berharap, lomba perhau naga tersebut tidak hanya diselenggaraan untuk memeriahkan pesta adat erau, namun juga dapat digelar pada event-event lain seperti kejurda dan kejurnas, karena Kukar memiliki sarana (Sungai Mahakam) yang  layak dan memadai. (vb/rudi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.