Situasi Kota Tarakan Berangsung Aman

September 28, 2010 by  
Filed under Berita

TARAKAN -  vivaborneo.com - Kota Tarakan di ujung utara Kaltim yang sempat mencekam sejak dinihari Senin (27/09) hingga Senin malam akibat kerusuhan antara suku Dayak Tidung dengan Suku Bugis, pada hari Selasa (28/9) ini berangsur  kondusif walaupun masih terdapat sedikit konsentrasi orang Dayak Tidung dengan ikat kepala berwarna merah dan ikat lengan berwarna kuning.

Menurut Nurdin yang ditemui di pelabuhan Tengkayu, Tarakan, konsentrasi massa tidak begitu banyak dikarenakan semua pihak baik warga dayak tidung maupun Suku Bugis dapat menahan diri dengan terus menggelar kesepakatan damai  oleh para tokoh-tokoh mereka.

Menurutnya, walaupun jalan-jalan terlihat lengang dari biasanya, namun aktivitas warga telah dapat berjalan  normal. Hanya sedikit toko yang tutup sambil melihat situasi keamanan pasca kerusuhan Senin.  “Para tukang ojek dan sopir angkot yang biasanya banyak mangkal di Terminal Tengkayu tampak mengurangi aktivitas mereka. Yang berani keluar hanya mereka yang bukan suku Bugis Bone dan Soppeng  atau suku Bugis yang beristri atau bersuami orang dayak tidung,” jelasnya.

Untuk menghindari kemungkinan yang lebih buruk, pihak kepolisian terus bersiaga di sejumlah fasilitas umum, termasuk bandara Juwata Tarakan yang selalu ramai. Bahkan Kepolisian dibantu TNI dan Brimob terus berjaga-jaga dan berpatroli di setiap sudut Kota Tarakan.

“Hingga tadi malam, masyarakat dilarang keluar rumah dan berkeliaran dengan alasan yang tidak jelas. Polisi sempat mengeluarkan beberapa

Pemerintah Kota tarakan juga mengambil inisiatif meliburkan sekolah dan PNS, untuk menghindari terjadinya kemungkinan sweeping warga Dayak Tidung terhadap Suku Bugis yang mulai mendominasi segala sektor .

Hingga tadi malam, dari 20 orang yang mengeroyok dan menewaskan Abdullah (45) baru tiga orang ditangkap pihak kepolisian untuk dimintai keterangan. Ini cukup menggembirakan dari segi tekanan psikologis Suku Dayak Tidung terhadap ultimatum mereka yang menyatakan bahwa pelaku pembunuhan harus ditangkap 2×24 jam.(vb/yul)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Situasi Kota Tarakan Berangsung Aman"

  1. rina on Wed, 29th Sep 2010 4:50 pm 

    Gara-gara budaya premanisme yg masih dibanggakan di jaman yg begini. Bagi korban premanisme, sabar ya.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.