RSU AWS Bangun Gedung Pelayanan Kelas Tiga

May 15, 2013 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Samarinda terus berbenah. Target peningkatan kelas dari tipe B menjadi tipe A terus diupayakan dengan meningkatkan pelayanan. Salah satunya melalui peningkatan kapasitas dan kenyamanan pelayanan kelas tiga.

“Ini yang memang terus kita upayakan. Meningkatkan pelayanan, khususnya kenyamanan pelayanan kelas tiga. Selama ini pelayanan sudah cukup bagus. Tapi masih perlu ditingkatkan lagi. Itu sebabnya tahun depan kita akan membangun gedung enam lantai dengan 400 tempat tidur untuk pelayanan kelas tiga,” ungkap Wakil Direktur Pelayanan RSUD AWS Samarinda, Ardiansyah ketika ditemui  di kantornya, Rabu (15/5)

Kondisinya, pelayanan kelas tiga yang ada sekarang setiap kamarnya terdiri dari 5 hingga 6 tempat tidur. Pendamping pasien terpaksa harus tidur di lorong-lorong depan ruangan, sehingga mengurangi kenyamanan pasien dan pendamping pasien. Apalagi, sebagai RS rujukan tidak memungkinkan RSUD AWS menolak pasien.
Karenanya dengan pembangunan gedung tersebut diharap dapat memberi kenyamanan. Mengingat, setiap kamarnya hanya akan diisi empat tempat tidur. Dengan demikian, pendamping pasien tidak perlu lagi tidur di lorong-lorong depan kamar. Tapi bisa menampingi di dalam kamar.

Selain itu, ruangan dalam gedung baru tersebut rencananya juga akan dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC) agar lebih memberikan rasa nyaman. Tidak seperti sekarang, yang hanya dilengkapi fasilitas kipas angin.

“Jika itu sudah dilakukan tinggal bagaimana Pemprov Kaltim memberi dukungan tenaga kesehatan agar pelayanannya lebih optimal. Yakni sesuai standar pelayanan setiap pasien ditangani 2 perawat. Saat ini satu perwat harus menangani hingga 50 orang,” akunya.

Disisi lain, pihaknya meminta ada perbaikan sistem rujukan. Tujuannya agar tidak semua pasien dirujuk ke RSUD AWS. Ketika Kabupaten/Kota tidak mampu baru dirujuk. Sementara jika masih sanggup cukup ditangai di Kabupaten/Kota melalui Puskesmas atau Puskesmas 24 jam. (vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.