RS Jiwa Atma Husada Mahakam Kelebihan Daya Tampung

March 4, 2009 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Semua sal (ruang) di Rumah Sakit Khusus Daerah Atma Husada Mahakam  (Rumah Sakit Jiwa) yang terletak di Kelurahan Selili, Samarinda ternyata kelebihan daya tampung pasien (overload). Dari 40 tempat tidur yang tersedia, ternyata jumlah pasiennya rata-rata lebih dari 60 orang, yakni antara 60 hingga 67 pasien per sal.

Direktur RSAHM, H. Ardiansyah mengatakan RS itu mengalami kelebihan pasien sejak beberapa bulan lalu.  Overload itu terjadi karena selain kurangnya sal, juga karena ada sejumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh, namun tidak diterima oleh keluarganya, sehingga untuk sementara waktu, sekitar 40 persen atau sebanyak 70 pasien yang sudah dinyatakan sembuh itu ditampung di RS tersebut.

Tingginya jumlah pasien dibanding kapasitas ruang tersebut terungkap saat Pansus Retribusi Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Atma Husada Mahakam (RSAHM) DPRD Kaltim mengunjungi RS tersebut.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua Pansus Retribusi Pelayanan Kesehatan DPRD Kaltim, Asdiani, SE mengatakan sangat prihatin atas tidak imbangnya antara jumlah kamar dan jumlah pasien. Karena itu, ia akan menyetujui permintaan anggaran penambahan kamar untuk pasien, jika pihak RSAHM mengusulkan pembangunannya.

“Terus terang saja, setelah mengunjumngi dan melihat keadaan mereka, kami sangat prihatin atas tidak sesuainya jumlah ruang untuk pasien tersebut. Karena  itu, kita akan mengabulkan permintaan rumah sakit, jika ingin mengembangkan jumlah kamar, agar lebih manusiawi, sebab semua pasti menginginkan kesembuhan mereka,” ujar Asidani.

Selama ini, lanjutnya, pihak rumah sakit memang belum meminta anggaran ke dewan terkait pengembangan RS tersebut, namun ia tetap berharap agar secepatnya pihak manajemen mengusulkan anggaran, supaya kondisi pasien tidak semakin memprihatinkan.(vb/G ov)




Ia juga meminta kepada Dinas Kesehatan Kaltim agar memberikan sosialisasi kepada masyarakatan keluarga yang pasien yang dirawat di RS tersebut, agar setelah dinyatakan sembuh oleh pihak RS, bisa diterima kembali di lingkungannya. “Sebenarnya kalau saya lihat, pasien yang telah dinyatakan sembuh itu keluarganya mau saja menerima kembali, namun karena masyarakat disekitarnya belum bisa menerima, sehingga keluarganya juga menjadi takut,” katanya.

Tahun 2008, jumlah pasien asal Samarinda berjumlah 341, Balikpapan 177, Kukar 161, Kubar 25, Kutim 37, Bontang 33, Pasir 50, PPU 32, Berau 15, Bulungan 7, Nunukan, Malinau dan Tana Tidung 0. kemudian tahun 2007, Samarinda 372, Balikpapan 144 dan Kukar 144. kemudian tahun 2006, Samarinda 401, Balikpapan 130 dan Kukar 160 pasien.

Anggota Pansus yang mengunjungi RSAHM tersebut berjumlah lima orang, yakni Asdiani, Encik Widyani, Abdul Hadi, Istinah dan Jubaidah RM Nuktah. Kedatangan mereka disambut oleh Kadis Kesehatan Kaltim  Sutarnyoto dan Dirut RSAHM Ardiansyah.


Respon Pembaca

4 Komentar untuk "RS Jiwa Atma Husada Mahakam Kelebihan Daya Tampung"

  1. Supriadi on Sun, 17th Jan 2010 7:03 pm 

    tolong kenaikan biaya sebesar 40.000 per hari dipertimbangkan lagi.Karena sangat buat kami

  2. destiana on Sun, 31st Jan 2010 5:30 pm 

    untuk data jumlah keseluruhan perawat medis dan jumlah kseluruhan pasien jiwa khususnya menarik diri??
    apakah jumlah perawat sudah mencakupi untuk parawatan pasien? trimakasih. saya tunggu kabar secepatnya untuk penelitian (riset).

  3. Rudi on Sun, 3rd Oct 2010 9:34 am 

    Sya minta tolong info tentang biyaya adminitrasinya untuk orang yg d panti rehabilitasi..trims kash bnyak.

  4. Hermansyah on Thu, 25th Aug 2011 3:50 pm 

    Tolong pasien jangan diperlakukan kasar oleh perawat jika pasien ada kesalahan

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.