Penyebab Penyakit Ginjal Kronis

December 11, 2008 by  
Filed under Kesehatan

Penyakit ginjal kronis adalah beberapa tipe ketidak normalan ginjal atau tanda-tanda seperti protein dalam urine, dan fungsi ginjal yang menurun selama 3 bulan atau lebih.

Ada banyak penyebab dari penyakit ginjal kronis. Ginjal dapat dipengaruhi oleh penyakit2 seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Ada beberapa kondisi ginjal yang diturunkan dari keluarga tertentu.

Lainnya bisa berupa bawaan lahir; yaitu pada mereka yang mungkin dilahirkan dengan ketidak normalan yang bisa berdampak pada ginjal mereka. Berikut ini beberapa tipe yang paling umum dan penyebab-penyebab dari kerusakan ginjal:

Diabetes adalah penyakit dimana tubuh Kita tidak memproduksi cukup insulin atau tidak bisa menggunakan insulin secara normal dan memadai. Hal ini meningkatkan kadar gula didalam darah, yang bisa menyebabkan masalah pada banyak organ tubuh Kita. Diabetes adalah penyebab yang terdepan dari penyakit ginjal.

Tekanan darah tinggi adalah penyebab umum lain dari penyakit ginjal dan komplikasi–komplikasi lain seperti serangan jantung dan strokes. Tekanan darah tinggi terjadi ketika desakan darah pada dinding arteri bertambah. Ketika tekanan darah tinggi terkontrol, resiko komplikasi seperti penyakit ginjal kronis dengan sendirinya akan menurun.

Glomerulonephritis adalah suatu penyakit yang menyebabkan inflamasi pada unit-unit penyaring kecil diginjal yang disebut glomeruli. Glomerulonephritis bisa terjadi secara tiba-tiba, misalnya, setelah infeksi tenggorokan, dan kemudian sembuh kembali. Tetapi, akibat penyakitnya dapat terus berkembang secara perlahan beberapa tahun dan hal itu dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara progresif.

Penyakit ginjal Polycystic adalah penyakit ginjal keturunan yang paling umum. Penyakit ini ditandai dari terbentuknya kista diginjal yang membesar dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius dan bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal.. Penyakit-penyakit keturunan lain yang mempengaruhi ginjal termasuk Sindrom Alford, hyperoxaluria dan cystinuria.

Batu-batu ginjal adalah sangat umum, dan ketika batu-batu itu lewat, menyebabkan sakit yang hebat di bagian belakang dan samping. Ada beberapa penyebab dari batu ginjal, termasuk kelainan bawaan yang menyebabkan terlalu banyak calsium yang diserap dari makanan dan infeksi-infeksi atau gangguan-gangguan saluran kemih. Kadang-kadang, pengobatan dan diet bisa membantu untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Bilamana batu-batu terlalu besar untuk lewat, pengobatan mungkin dilakukan untuk mengeluarkan atau memecah batu-batu itu menjadi bagian-bagian kecil yang dapat keluar tubuh.

Infeksi-infeksi saluran kemih terjadi ketika kuman-kuman memasuki saluran kemih dan menimbulkan gejala-gejala seperti rasa sakit atau rasa terbakar ketika buang air kecil dan keinginan berkemih yang lebih sering. Infeksi-infeksi ini paling sering berakibat pada kandung kemih, tetapi kadang-kadang menyebar keginjal-ginjal, dan bisa menyebabkan demam dan rasa sakit  pada bagian belakang.

Penyakit-penyakit bawaan juga dapat mempengaruhi ginjal. Hal ini biasanya berupa masalah yang terjadi dalam saluran kemih ketika bayi tumbuh dalam kandungan ibunya. Satu hal yang paling umum terjadi ialah ketika mekanisme seperti keran diantara kandung kemih dan saluran kencing gagal bekerja dengan baik dan menyebabkan urine tertarik kembali keginjal. Hal ini menyebabkan infeksi dan memungkinkan terjadinya kerusakan ginjal.

Toksin dan obat-obatan bisa juga menyebabkan masalah-masalah ginjal. Penggunaan dalam jumlah besar obat penghilang rasa sakit dalam waktu yang panjang dapat membahayakan ginjal. Pengobatan tertentu, toksin, pestisida dan obat-obatan jalanan seperti heroin bisa juga mengakibatkan kerusakan ginjal.

 

Bagaimana Mendeteksi Penyakit Ginjal Kronis

Deteksi dini dan treatment yang tepat terhadap penyakit ginjal kronis adalah kunci untuk menjaga agar penyakit ginjal tersebut tidak menjadi kegagalan ginjal. Beberapa test sederhana dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit ginjal secara dini. Seperti:

1.       Pengukuran tekanan darah

2.       Test kadar protein dalam urin. Kadar protein yang berlebihan dalam urin dapat berarti bahwa unit penyaring dalam ginjal kita telah rusak oleh penyakit.

3.       Test creatinine dalam darah.

Dokter menggunakan hasil tersebut dengan mempertimbangkan usia, ras, jender dan factor-faktor lain. Hal itu ialah untuk menghitung glomerular filtration rate (GFR). GFR kita menunjukkan seberapa besar tingkat berfungsinya ginjal kita.

Sangatlah penting bila seseorang memiliki resiko penyakit ginjal kronis untuk mendapatkan test tersebut. Kita mungkin mempunyai tambahan resiko penyakit ginjal bila kita:

·         berusia senior

·         diabetes

·         tekanan darah tinggi

·         ada anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal kronis

·         keturunan Afrika, Hispanic, Asia, penduduk asli Pasific dan suku Indian.

Apabila kita termasuk dalam group tersebut tadi kita mungkin memiliki tambahan resiko penyakit ginjal. Lakukan pemeriksaan atau test pada dokter. (**/vb-heldi)

Respon Pembaca

23 Komentar untuk "Penyebab Penyakit Ginjal Kronis"

  1. akhmad Munawar Zamzami on Mon, 15th Feb 2010 12:46 pm 

    1.pantangan (makanan) yang harus dihindari oleh penderita/ bermasalah dengan ginjal?
    2.hernia/ turun berok,apa ada pengaruhnya dengan penderita/ bermasalah dengan ginjal?
    3.disaat mengeluarkan seperma apakah ada pengaruhnya (efek samping) untuk penderita/ bermasalah dengan ginjal

  2. rahmah on Fri, 30th Apr 2010 1:46 pm 

    Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk masalah ginjal, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  3. Hengki on Mon, 24th May 2010 11:20 pm 

    Saya baru berumur 21tahun.tapi saya sering merasakan sakit pada bagian belakang punggung saya,,,klaw bangun tidur terasa skit untuk diajak berdiri,,ibu saya sendiri mempunyai penyakit tekanan darah tinggi,,gmn solusinya

  4. sayuti majid on Mon, 19th Jul 2010 9:08 pm 

    saya penderita penyakit klu kencing bkn urine yg kluar tapi darah dgn kadar tinggi kata dokter aq menderita ginjal yg sangat parah, klu ada yang baca kasih solusi ya,,,,

  5. Hartono on Tue, 24th Aug 2010 12:51 pm 

    saya punya solusinya , saya punya obat untuk mengobati hampir semua penyakit kronis ( stroke , diabetes,ginjal, asam urat, jantung dll) plus kandungan energi matahari , selain sembuh tubuh akan lebih bertenaga dan 100% herbal call.085242005471

  6. muthmainnah on Wed, 22nd Sep 2010 2:39 pm 

    saya penderita gangguan fungsi ginjal , selama bertahun tahun ini stiap dimana pun saya berada , saya tdk prnh nyaman dgn punggung dan pinggang ini,,apalagi bangun tidur . gimana solusinya biar ga sakit lagi ..n_n

  7. ANDI on Thu, 25th Nov 2010 9:42 pm 

    pantangan untuk orang sakit ginjal: kurangi manis, kurangi pikiran, jangan makan daging merah dan hindari makanan yang mengandung bahan kimia sintetis, info pengobatan herbal penyakit ginjal http://jellygamatgoldg.biz/obat/obat-herbal-untuk-penyakit-ginjal.html

  8. O'oy on Tue, 11th Jan 2011 9:31 pm 

    Apakah Kalo merasa sering sakit-sakit dibagian ginjal, itu terkena penyakit ginjal?
    Penyakit ginjal yang bagaimana itu?
    Bagaimana Penyakitnya bisa disembuhkan?

  9. anggun trisnawati on Fri, 28th Jan 2011 6:37 pm 

    apa bener penyakit ginjal bisa menyebabkan susah punya anak atau keturunan.
    bagai mana cara untuk menyembuhkan dan menggunakan obat apa?

  10. Rinaldo on Sat, 5th Feb 2011 6:07 am 

    Saya share info, bagi penderita ginjal yang air urine nya masih berproduksi (walau sedikit), coba menggunakan terapi DR. JISM (bisa dicari di internet), biasanya dalam 4-5 hari sudah ada perubahan, lama terapi 0.5 – 1 jam setiap harinya.. terapi ini biayanya tidak terlalu besar sekitar Rp. 5000 – 10.000/ jam.
    Tetapi bisa juga dengan stem cell, tetapi biayanya sangat tinggi.
    Bagi yang butuh informasi lebih lanjut dapat hubungi saya di rinaldoalian@gmail.com

  11. Fito on Sat, 5th Feb 2011 7:38 am 

    Kata dokter Ayah saya terkena ginjal kronis bilateral. Apa yang dimaksut dengan ginjal kronis bilateral dan apakah berbahaya? Dan obat herbal/tradisional apa yang bisa membantu dalam penyembuhan?
    Terimakasih

  12. rara on Sat, 12th Mar 2011 9:52 am 

    apakah terlalu lama mengkonsumsi obat2an kimia dapat menyebabkan penyakit ginjal?

  13. susi on Thu, 17th Mar 2011 8:23 pm 

    bagaimana sebenarnya ciri penyakit ginjal itu ?
    sy sering mengalami rasa pegal dan terasa panas di dalam perut bagian kanan bawah, apakah itu penyakit ginjal?
    Thanx

  14. Tutie on Sat, 2nd Apr 2011 2:17 pm 

    Saya mo tanya kalo dudk lama,pinggang & punggung sy terasa sakit,klo kecapekan punggung jg terasa sakit & punggung sy sering panas,susah tidur & sy ga nafsu makan.Dg tanda2 itu,apakah benar saya menderita pnykit ginjal?Trm ksh

  15. obat herbal kolesterol on Tue, 3rd May 2011 5:30 pm 

    apakah penderita ginjal kronik ini bisa sembuh total?

  16. intan meylany on Fri, 10th Jun 2011 11:37 pm 

    Semua gejala yg disebutkann itu terjadi pada diri sy.. Apakah seseorang yg berumur 17 thn dapat terkena penyakit ginjal??

  17. febria ramadhani on Wed, 27th Jul 2011 1:09 pm 

    bisa tidak kita yang terkena keturunan diabetes terkena gagal ginjal,,??
    lalu ada tidak ciri-ciri yang sangat terlihat/ sangat menonjol yang dapat kita lihat dari orang yang terkena gagal ginjal itu??

  18. cici on Sat, 6th Aug 2011 11:28 am 

    Dear’s

    Mau berbagi info jika mencari pengobatan Alternatif yang lebih efektif & sudah terbukti keberhasilannya, silakan datang di

    UNIVERSAL VISUAL ENERGI (UVE)
    Jati Kulon RT. 03 RW. 01 No. 632 – Kudus – Jawa Tengah – Indonesia

    Pengobatan ini baru pertama di INDONESIA bahkan di Dunia yang menggunakan metode VISUAL & ENERGI yang berasal dari 4 unsur energi alam (Air, Angin, Api, Tanah) dalam penerapannya. Sudah banyak yang membuktikan keahlian UVE ini, karena sudah banyak pasien yang ditangani & sembuh.

    UVE juga tidak hanya mengobati multi Penyakit baik medis maupun non medis atau yang biasa disebut VISUAL ENERGI Health, tapi juga untuk multi problematika hidup baik nyata maupun ghaib.
    Misalnya :
    * Visual Energi BISNIS
    * Visual Energi PEMBERSIHAN
    * Visual Energi AURA
    * Visual Energi JODOH
    * Visual Energi MULTIDIMENSIONAL
    * Visual Energi PAGAR GHAIB
    * Visual Energi PROGRAM
    – Kecerdasan Anak (untuk memprogram masa depan anak)
    – Mendapatkan Keturunan
    – Sukses

    Kebetulan saya juga punya contact personnya kalo mau tau lebih jelas. Silakan aja menghubungi. 08122921859

    Semoga bermanfaat

  19. emhy on Thu, 18th Aug 2011 5:47 pm 

    kalau perut bagian kiri terasa sakit dan terkadang dalam perut terasa ada bonjolan itu penyakit penyakit apa??????

  20. fahmi on Wed, 24th Aug 2011 12:38 pm 

    obat herbal yg bisa menyembuhkan penyakit ginjal,jantung dll adalah propolis karena propolis mengandung bioflaponoid 1(satu) tetes propolis setara dengan 500(lima ratus) biji buah jeruk ingin tahu lebih lanjut HUB.08889017416/082125206705

  21. ais on Sat, 24th Sep 2011 6:17 am 

    obat herbal apa yg untuk mengtsi ggal gijl..?

  22. Agung ari antoko on Fri, 2nd Dec 2011 7:38 pm 

    apakah minum air putih yang terlalu mengandung bnyak zat kapur dan minum minuman cmpuran seperti jus buah, kopi , teh dll juga bisa jadi penyebab penyakit ginjal.?

  23. suryani on Sun, 1st Jan 2012 1:33 pm 

    bagaimana cara menyebuhkan penyakit ginjal ?????

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.