Pemkot Samarinda Akan Batasi Peredaran Miras

January 24, 2012 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – vivaborneo.com, Membatasi pergerakan miras (minuman keras) merupakan langkah efektif menciptakan keamanan kondusif di Samarinda. Pasalnya peredaran bebas miras disebut-sebut sebagai faktor utama pemicu berbagai tindak kejahatan sehingga berdampak terjadinya distabilitas atau tidak stabilnya kondisi keamanan daerah.

“Karenanya langkah strategis untuk menciptakan kondusifitas keamanan daerah adalah memberantas peredaraan bebas miras. Untuk itu saya tidak bosan-bosannya mengintruksikan pihak kepolisian dan jajaran satpol PP untuk gencar melakukan razia miras,” ujar Walikota Samarinda, H Syaharie Jaang ketika dikonfirmasi disela-sela Upacara Peringatan HUT Kota Samarinda ke 344 dan HUT Pemkot Samarinda ke 52, di Samarinda, selasa (24/1), terkait pertikaian antar dua kelompok yang terjadi di Jl Am Sangaji (eks.Jl Belibis), kemarin pagi.

Berkaitan itu, lanjut dia, pihaknya bertekad akan berupaya membatasi pergerakan miras di Samarinda. Salah satu caranya dengan berharap dukungan DPRD Kota Samarinda agar kembali mereview Perda tentang miras.
Mengingat Perda yang ada selama ini terkesan kurang berpengaruh terhadap peredaran bebas miras di Samarinda. Sehingga angka perdaran bebas miras dapat ditehakan.

“Karena jika Perdanya tegas saya yakin toko-toko yang menjual bebas miras akan berkurang dengan sendirinya. Karena konsekwensi yang diterima cukup berat jika terbukti menjual bebas miras,” jelasnya.

Sementara terkait keributan yang melibatkan dua kelompok tersebut, pihaknya mengaku hal tersebut benar adanya. Hanya saja kondisinya tidak mencekam seperti sms (short massege service) yang beredar ke masyarakat.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dan terpancing dengan sms tidak bertanggung jawab tersebut, sehingga semakin memperkeruh suasana.

“Alhamadulilah semua aman. Karena telah diselesaikan bersama dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Untuk itu saya selalu ingatkan masyarakat untuk bersama-sama jaga keamanan agar tetap kondusif. Jika ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan segera laporkan kepada pihak berwajib agar cepat diselesaikan sebelum melebar,” harap Jaang sambil berlalu. (vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.