Pembangunan Bandara Maratua Dukung Pariwisata

February 16, 2013 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com, Pemprov Kaltim diisyaratkan siap menuntaskan pembangunan Bandara Maratua, Berau. Pembangunannya, selain untuk memperlancar arus orang dan barang juga untuk mendukung pengembangan kepariwisataan di gugusan pulau itu.

“Sejauh ini dukungan yang kita (Pemprov Kaltim,Red) berikan untuk pembangunan Bandara Maratua cukup besar. Pada 2012 kita sudah mengucurkan anggaran Rp 5 miliar dan 2013 kembali dialokasikan dengan nilai lebih besar mencapai Rp15 miliar,” ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, H Zairin Zain di Samarinda, Jumat (15/2).

Zairin yang didampingi Kabid Perhubungan Udara, Hasbi menyebut, dana sebesar Rp 15 miliar tersebut antara lain akan digunakan untuk pengerasan landasan pacu sepanjang 1.200 meter dengan lebar 32 meter.  Dengan demikian diharapan mampu didarati pesawat berbadan lebar jenis Avions de Transport Regional (ATR).

Pemprov Kaltim memberi dukungan pendanaan dengan total Rp 15 miliar lantaran lokasi Bandara Maratua bebatuan karang. Untuk proses pengerasannya tidak terlalu banyak memakan biaya, sehingga pengerjaannya tinggal menambah pasir dan batu yang dilanjutkan dengan  pengerasan.

Meski begitu, pihaknya sudah mengusulkan bantuan pendanaan ke pemerintah pusat agar mendapat bantuan pendanaan dari APBN-Perubahan 2013 atau paling tidak bisa dibantu melalui APBN 2014. Melalui dukungan pendanaan dari APBN tersebut diharapkan dapat mempercepat penuntasan pengerjaannya.

“Pekerjaan bandara tersebut diupayakan dibiayai dari tiga anggaran, yakni dari APBN, APBD Kaltim dan APBD Berau. Khususnya untuk pembangunan terminal kedatangan dan keberangkatan,” timpalnya.

Menurut dia, gugusan Kepulauan Derawan tersebut merupakan salah satu objek tujuan wisata unggulan Kaltim dan sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan lokal. Oleh sebab itu, Pemprov siap mendukung pembangunannya hingga tuntas.(vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.