Pembangunan Bandara di Kaltim Sesuai Target

June 15, 2012 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com, Perkembangan pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kaltim menggembirakan. Berbagai proyek pembangunan Bandara baik yang murni dibiayai APBD maupun yang searing pembiayaan APBD dan APBN dapat dipastikan rampung sesuai target yang ditetapkan.

Pengerjaan pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) salah satunya, papar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim, H Zairin Zain, progres pelaksanaanya sesuai target yang ditetapkan. Yakni progres saat ini tengah melaksanakan pembangunan dan penyelesaian paket I atau tahap pertama pengerjaan sisi daratnya.

“Pengerjaan sisi daratnya kita ada tiga paket pembangunan. Antara lain pembentukan lahan (land development) dan bangunan khusus, jalan dan drainase seperti yang  dilaksanakan atau paket I pengerjaan,  pembangunan gedung terminal seluas 12.700 m2,  lahan parkir 10.000 m2, fasilitas taksi dan bus, serta gerbang masuk (toll gate) atau paket II pengerjaan, serta pembangunan gedung penunjang  seperti  hanggar, cargo, dan rumah dinas atau paket II pengerjaan,” ujar Zairin ketika dikonfirmasi terkait perkembangan terkini pembangunan Bandara di Kaltim, di ruang kerjanya  Kamis (14/6).

Demikian halnya dengan paket II dan paket III pengerjaan, pihaknya menilai pelaksanaan dilapangan telah sesuai target. Dimana progres pembangunan tahap II yang sudah masuk pada tahap pengumuman pemenang dan paket III sedang memasuki tahap lelang. Itu artinya, dalam waktu dekat pelaksanaan pembangunan tahap II sudah mulai pengerjaan sebagaimana yang ditargetkan, ketika pengerjaan tahap pertama setengah berjalan kemudian disusul dengan pengerjaan tahap II dan seterusnya hingga paket III agar sisi daratnya dapat selesai secara bersamaan.
Terkait persentase progres capain pembangunannya, pihaknya menyebut itu hal teknis sehingga perlu melihat langsung ke lapangan.

“Berdasarkan penilaian di lapangan, semua berjalan sesuai harapan. Paket I sudah berjalan Paket III sudah masuk tahap lelang, sekarang tinggal paket II masuk tahapan pengumuman pemenang. Sehingga dalam minggu ini sudah dapat diketahui pemenangnya. Mudah-mudahan Juli bisa di ground breaking pengerjaan paket II nya,” tandasnya.

Sedangkan untuk pembangunan Bandara tiga Kabupaten Perbatasan yang bekerjasama dengan TNI melalui Operasi Bhakti TNI-AD Kartika Jaya, pihaknya mengakui pengerjaannya sudah mulai bergerak diketiganya pasca ground breaking yang dilakukan Mendagri H Gamawan Fauzi belum lama ini. Hanya saja, terkait progres terkininya belum dipantau kembali.

“Terakhir untuk yang di Kerayan sudah selesai. Mereka (TNI-AD, red) sudah melakukan pengurukan perpanjangan landasan sepanjang 100 Meter lagi,” ucapnya.

Meskipun, pada pelaksanaannya sempat terkendala urusan pembebasan lahan lantaran masyarakat yang mengakui lahan tersebut milik mereka, namun tidak dapat menujukan sertifikat hak kepemilikan atas tanah tersebut. Akan tetapi sepakat diselesaikan dengan damai berupa pemberian tali asih.

Dilanjutkan, progres pembangunan Bandara lainnya adalah Bandara Kalimarau Berau. Perpanjangan landasan pacu dari 1.850 Meter ditambah  400 Meter menjadi 2.250 Meter sudah selesai pengerjaannya dan gunung penghalang dibelakngnya sudah dipotong, sehingga tinggal diserahkan kepada Bandara Berau untuk memanfaatkan melayani penerbangan di lanadasn pacu yang diperpanjang tersebut.

“Sedangkan untuk Bandara Maratau, Berau progresnya sedang masuk tahap land clearing untuk pembuatan Bandara baru sepanjang 1.400 meter agar dapat didarati Pesawat berbadan lebar seperti Peswat Hercules milik TNI dan Pesawat penumpang jenis ATR,”tututpnya. (vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.