PDAM Samarinda Terapkan Sistem Pembayaran Online

March 28, 2010 by  
Filed under Berita, Samarinda

Samarinda,Vivaborneo.com- Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan peningkatan pelayanan prima kepada pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Samarinda menerapkan sistem pembayaran tagihan rekening bulanan secara online.Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kepada seluruh pelanggan yang melakukan pembayaran pembayaran rekening tagihannya.“Manajemen kami telah bekerjasama dengan pihak telkom melalui program internet dengan menggunakan SPEEDY. Dengan sistem internet ini diharapkan semua pelanggan bisa melakukan pembayaran rekening tagihannya secara online kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa kartu,” kata Humas PDAM Samarinda Syarif Rachman.

Dijekaskan, pelanggan PDAM cukup memberikan nomer kontrak sambungan yang 6 digit kepada petugas loket pembayaran .Petugas loket akan mengetik nomor tersebut dan secara otomatis akan timbul dilayar monitor jumlah tagihan rekening beserta nominalnya.Dengan sistem online ini lebih cepat dan akurat sehingga pelanggan tak perlu lagi harus antri yang cukup lama.

PDAM Samamrinda saat memiliki 8 loket pembayaran yang tersebar di beberapa kawasan antara lain loket pusat I dan II di Jl.Tirta Kencana, loket Tirta di Jl.Tirta Kencana depan SDN 06, loket Corpotek Jl Sei Kunjang, loket Juanda Jl.Kadrie Oening, loket Merdeka Jalan Merdeka, loket Sempaja Jl. Wahid Hasyim, loket Samarinda Seberang Jl Hasanudin dan loket Palaran di lokasi IPA Palaran.

Selain itu, ada juga 3 loet swasta yang tetap buka walaupun hari libur yang melayani pembayaran rekening hingga malam hari yaitu, loket Mall Lembuswana komplek ruko lembuswana blok C, loket Mall SCP ruko Mall SCP dan loket Lambung Jl Lambung Mangkurat 4.Loket Kopegtel Jl.Awang Long.

Pelanggan juga daoat melakukan pembayaran tagihan rekening air  dengan cara mendebet langsung tagihannya dari rekening tabungan melalui bank di wilayah Samarinda diantaranya Bankaltim, Bank Bukopin, Bank BNI’46, Bank Mandiri, Bank Ekonomi, Bank BPR dan Bank Semoga Jaya.

Diharapkan, dengan sistem online ini pelanggan bisa melakukan pembayaran rekening tagihan airnya tepat waktu dan kapanpun tanpa harus membedakan dimanapun berdomisili.Selain itu dengan sistem online ini akan terdeteksi secara langsung bagi pelanggan yang belum membayar tagihannya akan otomatis  dilakukan pemutusan/penyegelan.

“Sistem online ini kami terapkan semoga kedepannya akan berdampak membawa kemajuan dan kepuasan pelanggan PDAM Samarinda,”  ungkap Humas Syarif Rachman.(vb-luk)

Respon Pembaca

21 Komentar untuk "PDAM Samarinda Terapkan Sistem Pembayaran Online"

  1. yudi on Tue, 17th Aug 2010 10:41 am 

    sistem pembayaran oleh pelanggan lancara, aliran pdam ke pelanggan kok belum lancar

  2. juangka on Wed, 20th Oct 2010 3:13 pm 

    SUATU TEROBOSAN YANG BAGUS TAPI LEBIH BAGUS LAGI DISTRIBUSI AIRNYA YANG LANCAR, SAYA WARGA BENGKURING JL LABU PUTIH 14 SUDAH BERBULAN-BULAN TIDAK MENDAPATKAN AIR PDAM.

  3. johnny khor on Sat, 26th Feb 2011 9:10 pm 

    Menurut hemat kami proyek tsb baik,tetapi kalau tidak dibarengi dgn management distribusi yg profesional proyek tersebut jadi “proyek mercusuar” ambil contoh didaerah sempaja tgl 20/02/11 air mati sampai tgl 24/02/11,tgl 25/02/11 hidup tgl 26/02/11 mati.Apakah ini management distribusi yg baik?
    Kepada Bapak2 pejabat PDAM Samarinda harus mau turun ke lapangan lihat apa yg dikerjakan oleh staf Bapak.Lakukan kontrol proses agar hasilnya baik,jangan lihat hasilnya saja.

  4. yanto on Sat, 26th Feb 2011 9:16 pm 

    TOLONG ALIRAN AIR BERSIH UNTUK DI KAWASAN JALAN BIAWAN SIDOMULYO,TOLONG DIALIRKAN DGN NORMAL
    SUDAH LAMA KAMI TIDAK MENDAPATKAN AIR BERSIH SECARA BAIK
    PALINGAN KALAU SUDAH TENGAH MALAM BARU AIR MENGALIR
    BAGAIMANA KINERJA KERJA ANDA? SEHARUSNYA PDAM HARUS MEMENUHI HAK PELANGGANNYA
    KALAU TIDAK,KAMI YANG AKAN BERTINDAK
    KALAU AIR TIDAK MENGALIR,MAKA DARAH YANG AKAN MENGALIR
    INGAT ITU

  5. roni on Wed, 9th Mar 2011 7:33 am 

    kepada segenap karyawan dan pimpinan PDAM Kota Samarinda, saya selaku pribadi dan golongan masyarakat Jl. Biawan Gg.2B – Gg.06 mengeluhkan atas tidak adanya pelayanan yang sesuai dengan yang di harapkan. Biaya bulanan telah kami bayar penuh dan tepat waktu, administrasi lain-lain telah kami lunasi, lah…kenapa kok air di daerah kami gak bisa ngalir 24 jam, ngalirnya cuma di pukul 00.00 – 03.00 wita, bagaimana kinarja kalian, apakah datang, absen, duduk, nonton tv sebentar terus keluyuran gak jelas kemana, jam 14.00 kalian kembali ke kantor , jam 15.00 kalian pulang, begitukah kinerja kalian???????
    kalau memang PDAM kota Samarinda gak mampu lagi memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat kota samarinda, sebaiknya serahkan tugas dan wewenang PDAM kepada swasta. begitu lebih baik dari pada kalian kerjanya gak jelas. gajihan aja yang di kejar, tapi kerja ditinggal melulu.

    terima kasih, maaf jika kata-katanya kasar, karena saya juga lagi emosi

  6. suharto on Thu, 7th Jul 2011 11:22 am 

    gemana sistem kelola air ini kok samarinda utara air PDAM gakpernah lancar sudah berapa kali ganti direktur gak beres juga, air sak bajek di sungai mahakam jl damanhuri ibarat di tengah kota tapi gak lancar malah meter gak pernah dicek antara kuitansi bayar dan meter air gak cocok nanti ujung-ujungnya konsumen didenda pintar juga ya….kalau cuma online pelayanan aja gak jamin yang penting air ngalir khan….kalau ada swasta boleh kelola pasti beres tapi mesti alasan banyak dari pemerintah lalu kapan kami berhenti mandi air hujan dan danau lumpur ……capek deh

  7. suharto on Thu, 7th Jul 2011 11:26 am 

    kapan air lancar sudah 14 tahun nih di jln damanhuri ngalir sebulan sekali katanya juli 2011 air samarinda utara jos

  8. suharto on Thu, 7th Jul 2011 11:30 am 

    AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR
    kapan pak lancar di jln damanhuri

  9. sasi on Tue, 19th Jul 2011 2:29 pm 

    kl sdh online kerjasama dong dg bank2 terkemuka di Samarinda atau pihak2 penelola ppob untuk buka loket ppob di kecamatan2/kpng2 agar pdam terbantu dlm hal penagihan rekening airnya.sukses pdam

  10. dirgo on Sun, 25th Sep 2011 8:38 pm 

    tolong minta informasi pengecekan tagihan(RP) bulanan secara on line<misal untuk Billing PLN kita tinggal masukkan digit No rek,thanks

  11. dirgo on Sun, 25th Sep 2011 8:42 pm 

    Tolong di informasikan pengecekan tagihan(Rp)/bln pdam scr on line, thanks

  12. Rojali on Wed, 4th Apr 2012 10:53 am 

    Bayarnya lancar terus airnya ngalirnya nggak lancar, Samarinda pemasukan dari tambang batubara banyak ngurusin air saja nggak becus tolol amat uangnya dikorupsi melulu sih

  13. sasi on Fri, 6th Apr 2012 9:54 am 

    sistem yg ditrpkan sdh bgs,tp km menghrpkan kpd pdam samarinda konsumen jgn diutangi tghn dan penctatan meter yg jls dan akurat tanpa tembak kira2.kshn konsumen samapai terkejut byr sampai diluar bts wjr.Dan yg hrs diperhtkn lg utng yg dibuat pdam kekonsumen jgn diikutkan pd kenaikan taif berikutnya.Ini kyx hny mengambil keuntungan sepihak saja.Mhn diperhatikan oleh bpk2 yg berwenwng dlm hal ini…..

  14. Mad'yan on Tue, 10th Apr 2012 4:54 pm 

    Untuk memperkecil/mengurangi tunggakan pelanggan PDAM Samarinda yang masih cukup tinggi,mohon Manajemen masuk juga ke e Payment Point agar pembayaran bisa lbh luas dan merata (Balikpapan dan Palangkaraya sudah lebih dulu beberapa tahun lalu),mudah2an bisa terealisasi-terima kasih

  15. YUDA on Sat, 29th Dec 2012 9:50 pm 

    bayak loket pembayaran di samarinda tp eggk bisa bayar pdam , alasanya hampir sama . dr pihak pdam blm buka kerja sama ….. padahal yg saya baca di balikpapan dan wilayah lainya kerjasamanya cukup baik

  16. Ivan Fajrianur on Fri, 14th Jun 2013 12:20 am 

    bayak loket pembayaran di samarinda tp eggk bisa bayar pdam , alasanya hampir sama . dr pihak pdam blm buka kerja sama ….. padahal yg saya baca di balikpapan dan wilayah lainya kerjasamanya cukup baik..
    Samarinda para pejabatnya byk yg mikirin dirinya sendiri…dan duitnya di korupsi…

  17. sri murtiningsih on Tue, 3rd Dec 2013 10:15 am 

    mohon kebijaksanaan dari pihak atau pimpinan PDAM Samarinda untuk memberikan kesempatan terhadap pihak PPOB swasta online indonesia agar dapat memberikan pelayanan yg semakin efektif dan efisien seperti PDAM kota – kota di indonesia lainnya sehingga kami semakin nyaman dalam pelayanan dimanapun itu saya menunggu hal ini sehingga layanan pembayaran pdam semakin mempermudah kami

  18. Achmad Syaufi on Thu, 22nd May 2014 8:58 pm 

    Saya mau buka Pembayaran PDAM Kota Samarinda Online, bagaimana caranya ? tolong di bantu, agar bisa terlaksana.

  19. gafur on Tue, 22nd Jul 2014 8:40 pm 

    Knp air dikel.sindang sari tdk ngalir dlm 2 hari ini dan dlm seminggu ngalirx sbntar sj.kami mau cuci dan mandi pk apa bos.klau ada mslh tlng diinfokan kepelanggan dong.krn kami byr air jg sllu kami tepat wktu..klau telat kena denda.klau air telat apakah kami denda pamx?mikir

  20. Maulana on Tue, 9th Sep 2014 12:37 am 

    Tlong untuk pihak PDAM..anggotax yg byasa tiap bulan bgian catat meteran airx sruh teliti krjax.mencatatx jgan asal2 an…sya 3 bulan byar cman biayax aja.bebann gk ada dicantumkn.tpi tau2 ntah kpan bru dihitung bebanx meledak..pdahal itu smua kesalahan anak buahx yg kerja cman mkan gaji buta aja…

  21. eka listi on Wed, 29th Oct 2014 9:45 pm 

    sampai kapan ya air g ngalir tolong donk pemberitauannya kasian yg gk ada persediaan air apa lg yg gk punya tandon.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.