Panji Keberhasilan Pembangunan Pariwisata Akan Ditambah

January 14, 2013 by  
Filed under Wisata

SAMARINDA–vivaborneo.com, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim  tahun depan akan menambah satu nominasi Obyek Wisata Budaya untuk mendampingi Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pariwisata kategori Obyek Wisata Bahari dan Obyek  Wisata MICE (Meeting, Insentive, Convention and Exibition) yang diperebutkan setiap HUT Provinsi Kaltim. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim, HM Aswin yang ditemui Jumat pekan lalu, (10/1).

Lanjut Aswin,  tahun depan walaupun bidang kebudayaan tidak lagi menjadi nomenklatur Disbudpar,  namun penilaian panji tersebut dapat dilakukan oleh Dinas Pendidikan atau dapat menjadi penilaian bersama. Tahun 2013, Disbudpar akan berubah  nama menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sementara bidang budaya akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kaltim.

Selain itu tim penilai juga akan diperbanyak  dari berbagai disiplin ilmu terkait dan akan turun langsung ke kabupaten/kota untuk menilai obyek yang masuk nominasi atau disertakan dalam perlombaan.

Didampingi Kepala Bidang Destinasi Wisata, Wahyu Husein Hakim, dijelaskan bahwa Panji Keberhasilan Pembangunan bidang Pariwisata tahun 2012 untuk kategori Obyek Wisata Bahari direbut oleh Kabupaten Berau dan  Obyek  Wisata MICE direbut oleh kota Balikpapan.

“Untuk kategori obyek wisata bahari sebenarnya ada tiga nominasi yaitu Berau, Kutai Kartanegara dan Kutai Barat sedangkan kategori kota MICE dengan kategori Balikpapan, Samarinda dan Bontang,” ujarnya.

Dijelaskan, terpilihnya Berau karena selain memiliki destinasi yang fantastis, Pemkab Berau juga memberikan perhatian yang sangat besar untuk pengembangan pariwisata di kabupaten tersebut. Tahun ini pun, Festival Derawan juga akan digelar di sini. Sementara Balikpapan terpilih karena memiliki kelengkapan infrastruktur pendukung pariwisata seperti  hotel, restoran, kemudahan akses wisata dan lain-lain.

“Kita berharap kabupaten/kota yang belum mendapat penilaian ini akan dapat memacu kinerja pariwisatanya dan yang berhasil mendapatkan penilaian harus dapat mempertahankan panji keberhasilan tersebut,” harapnya. (vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.