Ormas Diimbau Tidak Gunakan Atribut Mirip Milik TNI

January 16, 2013 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com, Komando Resort Militer (Korem) 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) bersama instansi terkait lingkup Kaltim secara bertahab sudah mulai melakukan penertiban penggunaan atribut mirip milik TNI pada organisasi masyarakat (ormas) dan masyarakat sipil di Kaltm. Pasalnya, penggunaan atribut TNI secara aturan hanya boleh digunkan bagi mereka yang sudah mendapat pelatihan kemiliteran.

“Terkait penggunaan atribut mirip milik TNI memang menjadi suatu kebanggan bagi kami, jika masyarakat antusias menggunakannya. Hanya saja dikhawatirkan dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab jika mereka yang menggunkan atribut milik TNI melakukan tindakan yang tidak diinginkan,” kata Kepala Staf Korem 091/ASN, Kolonel Inf Aminullah menjawab pertanyaan penelepon saat menjadi narasumber dialog interaktif RRI Samarinda, Selasa (15/1).

Dialog sendiri merupakan program kerjasama Diskominfo Kaltim – RRI Samarinda dalam rangka penyebarluasan informasi terkait Pemprov Kaltim. Kolonel Inf Aminullah sendiri menjadi narasumber ditemani Komisioner KIP Kaltim, Eko Satya Husada dengan topik bahasan Tupoksi Korem 091/ASN dalam turut menjaga kemanan di Kaltim dan wilayah perbatasan.

Untuk itu pihaknya mengimbau ormas maupun masyarakat sipil lainnya agar tidak menggunakan atribut mirip milik TNI sebagai atribut organisasi maupun dikenakan pada kendaraan-kendaraan bukan milik personel TNI.

“Di TNI ada aturan bahwa setiap kendaraan dinas harus menggunakan plat nomor dinas. Semua teregistrasi. Namun ada juga kendaraan dinas tertentu seperti pejabat intelejen yang diperbolehkan menggunakan plat nomor biasa.

Sedang sticker bergambar bintang yang sering dipasang pada plat nomor kendaraan, itu menandakan kendaraan milik anggota. Sedang yang bukan aparat tidak diperkenankan menggukan atribut TNI,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga  berharap peraturan perundang-undangan terkait segera diterbitkan. Dengan harapan ada payung hukum jelas mengatur dan menetertibkan penggunaan atribut mirip milik TNI bagi bukan anggota TNI.

Ketika menjawab pertanyaan anggota Satgas Kopasti Gepak Grogot Kab Paser yang ingin berkoordinasi dengan aparat TNI mendapat pelatihan tentang pengamanan bela negara dan kemanan daerah, pihaknya menilai ketentuan dalam pengaturan ormas ada di Kesbangpol.

“Jika sudah terdaftar bisa diberikan pelatihan dan kita siap membantu,” tukasnya. (vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.