Multi Khasiat Akar Pasak Bumi

November 19, 2009 by  
Filed under Kesehatan

Masalah vitalitas bagi pria sering menjadi penyebab kurang harmonisnya kehidupan rumah tangga. Apalagi bagi pria yang memiliki kesibukan ekstra dalam mengejar prestasi kerja. Tak pelak rumah benar-benar menjadi wadah untuk beristirahat semata. Karena faktor kelelahan setelah bekerja seharian.

Pasak Bumi

Pasak Bumi

Penyakit loyo bagi seorang pria dapat diatasi dengan berbagai obat-obatan. Akan tetapi konsumen sering cemas akan adanya efek samping dari penggunaan obat-batan olahan Kimia Sintetis. Ramuan Tradisional pun menjadi alternatif yang sangat tepat. Dalam hal ini akar pasak bumi-lah empunya.

Pasak Bumi telah terkenal di bumi Kalimantan sejak jaman dahulu sebagai obat kuat bagi kaum adam. Tanaman bernama latin Eurycoma Longifolia ini tumbuh subur di hutan pedalaman Kalimantan. Di negeri jiran (Malaysia) Pasak Bumi dikenal dengan sebutan Tongkat Ali.

Akar pasak bumi oleh Suku Dayak (suku asli kalimantan) juga diyakini memiliki berbagai macam khasiat. Dari dahulu hingga sekarang keyakinan itu tetap terjaga sebagai warisan leluhur.

Hal ini dikuatkan dengan berbagai macam penelitian yang menguak kandungan dalam akar pasak bumi. Kandungan ekstrak ethanolic dalam pasak bumi dapat menambah jumlah hormon testosteron pria. Ethanolic merangsang hormon chorionic gonadotropin (HCG) hingga dapat membantu terbentuknya hormon testosteron.

Akar tanaman pasak bumi juga mengandung brusin dan strichnin yang berkhasiat menambah vitalitas pria karena bersifat afrodisiaka. Yaitu ramuan tradisional yang diklaim bisa merangsang libido.

Berdasarkan penelitian, tumbuhan afrodisiaka mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan peredaran darah pada sistem saraf pusat atau sirkulasi darah tepi. Efeknya meningkatkan sirkulasi darah pada alat kelamin pria.

Namun penelitian yang dilakukan baru pada tahap kandungan afrodisiaka. Belum sampai efektivitas afrodisiaka terhadap pengobatan disfungsi ereksi. Tapi afrodisiaka relatif lebih aman dibandingkan obat kimia. Sebab sifatnya memupuk dan menyirami, tidak memaksa seperti obat-obatan kimia.

Khasiat Akar pasak bumi rupanya tidak hanya sebatas itu. Akar pasak bumi juga mampu mengobati penyakit malaria. Sebab dalam akar pasak bumi terkandung senyawa erikomanon yang ampuh mengobati malaria. Sedangkan senyawa kuasinoid pada akar pasak bumi dapat melumpuhkan plasmodium falcifarum. Yaitu bakteri yang hidup dalam tubuh nyamuk Anopeles Betina penyebab penyakit malaria. Patut diketahui, bahwasannya plasmodium yang masuk ke tubuh manusia dapat merusak dan menghancurkan sel-sel darah merah.

Disamping sebagai peningkat vitalitas pria dan antimalaria, pasak bumi ternyata dapat pula mencegah serangan kanker. Senyawa kuasinoid dan alkaloid yang terkandung dalam pasak bumi terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Abdul Razak Mohd Ali dari Forest Research Institute of Malaysia. Sebanyak 8 alkaloid ditemukan dalam akar pasak bumi, salah satunya 9-methoxycanthin 6 yang berfungsi sebagai antikanker payudara.

Penelitian yang dilakukan oleh Department pf Pharmacognocy, Tokyo College of Pharmacy & The Faculty of Medicine, Tokyo University, Jepang. Menemuka senyawa antileukimia dari pasak bumi. Selain afrodisiak, antikanker, antimalaria, dan antileukimia, pasak bumi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi para penderita HIV.

Pasak Bumi biasa dikonsumsi secara tradisional, dengan meminum air dari akar Pasak Bumi yang direbus selama lebih kurang sepuluh jam. Kemudian air rebusan didinginkan untuk memperoleh bahan aktif yang dikandungnya dan dikonsumsi secara teratur. Namun menurut beberapa kalangan Pasak Bumi sangat baik bila dikonsumsi dalam bentuk bubuk daripada secara tradisional.

Khasiat yang sangat besar dari pasak bumi tak lantas hanya dikhususkan untuk kalangan pria. Kaum hawa pun sangat dianjurkan mengonsumsi ekstrak akar pasak bumi.. Apalagi wanita yang memiliki kesibukan kerja yang sangat tinggi. (vb-berbagai sumber)

Respon Pembaca

45 Komentar untuk "Multi Khasiat Akar Pasak Bumi"

  1. Irsan on Fri, 15th Jan 2010 7:25 am 

    Saya juga punya banyak akar itu waktu kerja di HTI sumsel dikasi operator alat berat waktu buka hutan. Stelah beristri skrg baru tau kasiatnya, cara makannya saya sayat akar dengan cutter melawan seratnya sekitar satu sendok teh dimakan setiap hari. Yang saya rasakan : setiap hari maunya ngeseks terus, gairag lelaki selalu timbul setiap detik, tidak lelah,tapi kelemahannya buat kita jadi sulit konsetrasi berfikir waktu kerja, sebab seluruh tubuh kita dalam kondisi stimulant/terangsang terus. kadang saya heran juga dengan akar itu,

  2. Sakinam on Tue, 11th Jan 2011 9:13 am 

    Apakah wanita Babis bersalin boleh memakan akar ini bagaimana cara nya.

  3. Diat on Thu, 17th Mar 2011 8:32 pm 

    Mohon informasi kepada siapa saya pesan/order akar pasak bumi yang asli dari Kalimantan dan bagaimana cara pemesanannya? tolong juga harga per satuan apa, dan cara penggunaannya.
    Terima kasih.

  4. annie on Tue, 31st May 2011 2:48 pm 

    apakah dgn meminum air dr batang pasak bumi yg sudah di rendam dgn air panas…dan di manum secara teratur 2x sehari..dapat membuat payudara lebih besar dr sebelumnya? saya mengharap dapat jawaban nya TERIMA KASIH !

  5. Arwin on Sun, 19th Jun 2011 12:32 am 

    Setau saya akar pasak bumi tidak dapat untuk memperbesar payudara,cuma untuk menambah vitalitas lebido,memang terbukti itu kalau minum air rendaman pasak bumi yang rasa pait,senjata laki-laki suka mengeras dengan sendirinya.

  6. Arwin on Sun, 19th Jun 2011 12:41 am 

    Kalau anda mau kayu pasak bumi yang asli,anda bisa cari teman di facebook yang tinggal di kota Samarinda atau tenggarong,disana ada yang jual biasanya di toko barang antik,didepan toko biasanya ada di pajang,cara pemakaiannya yang paling mudah adalah di rendam dalam air minum.Kalau yang berbentuk bubuk juga ada tapi sudah di campur dengan Jamu Sarigading,produsi Jamusargading dari kota Barabai,Kalimantan Selatan.Cari di google dengan kata kunci Jamu Sarigading.

  7. dahono on Wed, 29th Jun 2011 6:27 am 

    kalo di kalbar (pontianak) ada gak ya? tolong dikasih tahu, makasih

  8. ali imran on Thu, 8th Sep 2011 12:20 am 

    saya tinggal di kalimantan barat di daerah saya tinggal masih bayak hutan yg lg asli sering saya ketemu tanaman pasak bumi disini tp saya belum bisa cara mengelola supaya kasiat nya tanbah oke tolang cara nya gimana.

  9. zinkyu on Thu, 15th Sep 2011 8:59 pm 

    mohon info juga mau kalau pesan/order pasak bumi dlm jumlah besar/banyak apa ada agen yg menyediakan???bisa hub saya lwt FB/EMail zinkyu_wu@yahoo.com thanks

  10. tony on Wed, 21st Sep 2011 1:31 pm 

    ada yg punya?

    saya mau beli pasak bumi yg masih asli
    berbentuk akar bukan serbuk

  11. tony on Wed, 21st Sep 2011 1:32 pm 

    kalau ada tlg email ke sartono77@hotmail.com

  12. abdul on Fri, 30th Sep 2011 11:20 am 

    saya ada akar pasak bumi yg masih utu

  13. gig on Wed, 5th Oct 2011 2:40 pm 

    akar pesek bumi membuat orang klenger

  14. iwen saputra on Mon, 17th Oct 2011 8:47 pm 

    mungkin anda mengira akar pasak bumi cuma ada d kalimantan saja…….!!!

    asal anda tau d sumbar juga masih banyak kok…..!!

    jika anda gk percaya saya bisa ngasih anda 1 gratis……..!!!

    silahkan hub no ini…….

    082170214467

  15. Om naga on Sat, 12th Nov 2011 8:21 am 

    Kl om2 serius…n mw order dlm jmlh bnyk..Ready Stock !.silahkan email ke dreghdragon@yahoo.com

  16. Miludi Heru Sucahyo on Sat, 21st Jan 2012 10:29 pm 

    Belinya akar pasak bumi dimana dan berapa harganya ?

  17. moh.rosid on Sun, 22nd Jan 2012 11:00 am 

    om di sini banyak…. Pasak bumi…. Tpi susah cabutx dri tanah….. Berat bngt

  18. s.Hayadi on Tue, 24th Apr 2012 8:58 am 

    memang pasak bumi juga ada di sumatra tapi tentu khasiatnya berbeda dg yg ada di kalimantan karena perbedaan struktur tanah dan ph tanah sumatra dan kalimantan, misalnya saja seperti ikan gabus, ada di jawa, sumatra dan kalimantan tapi dari hasil penelitian ikan gabus yg ada dikalimantan kandungan albuminnya lebih tinggi sekitar 60% bila dibandingkan dg ikan gabus didaerah lain jadi saya sebagai orang asli kalimantan yg sudah berusia 50 tahun dan selalu meminum akar pasak bumi setiap hari sebanyak 2 kali siang dan malam menjelang tidur hingga kini tidak pernah sakit kecuali flu/pilek aja dan untuk urusan seks rutin seminggu 3 kali tentu bersama my wife dan juga tidak pernah sakit pinggang

  19. satrya_f on Tue, 24th Apr 2012 3:42 pm 

    saya minum air rebusan akar pasak bumi ….. Bkn kayak yg anda2 ceritakan khasiatnya yg bagus2 itu . Sama sekali tak trbukti , yg ada kepala saya pusing badan trsa lemah .
    Ini realita bkn bohong , ……..
    Apa yg salah kira 2 ? Ttg kayu akar pasak bumi, yg saya rebus jls2 asli gan …

  20. admin on Tue, 1st May 2012 6:38 am 

    bang jhony, klo air rebusan pasak buminya malah bikin pusing dan lemah sebaiknya dihentikan saja minumnya. sapa tau tubuh anda tidak dapat menerima efek herbal pasak bumi tsb. atau mencobanya dengan sedikit2 saja dulu. jelas pasti ada yang salah dengan tubuh anda. thnks

  21. raymarx on Wed, 2nd May 2012 6:21 am 

    Says dapatkan akar dan batang pasak bumi, dari kawan yg tugas d pdalaman hutN kalimantan, saya bersihkan kulitnya dan rebus sampai mendidih..setelah dingin saya minum.alhamdulillah..sakit pinggang saya rasanya sdah hilang..dan tegang…kalo..mikir k arah sex…

  22. Berhala on Wed, 2nd May 2012 12:09 pm 

    Jika anda pingin pasak bumi.gak jau2 dipulau berhala banyak.namanya pasak bumi laut

  23. pantoan pjt on Tue, 8th May 2012 2:10 pm 

    wau . Rame betul brita manfaat pasak bumi. Saya juga pengguna, saya perna derita Susah bernafas , karena himpitan fisikolngis. Dan kini telah terbebas. Cara pakai. . Rebus air seperluhnya, ketika mendidih masukan pasak bumi, se saat, lalu d angkat dan d simpan d kulkas. Air rendaman d minum saat mau tidur. Dan bangun tdr. 1 bulan saya terbebas.

  24. Jaya on Sat, 26th May 2012 4:13 am 

    Saya tinggal di berau kaltim. Kalau agan butuh pasak bumi, silahkan singgah biar kami carikan.
    Masih bnyk di hutan.

  25. heru pranoto on Wed, 13th Jun 2012 10:34 am 

    alhamdullillah aku bisa temukan akar pasak bumi.
    walau harus 2 kali aku pergi ke kalimantan.
    tetapi ternyata khasiatnya memang luar biasa, walau umurku sudah
    50 tahun aku masih sering memberi kepuasan istri sehari bisa 2 kali.
    karena aku sudah membuktikan maka teman-teman yg tak sanggup memuasi istri bisa pakai pasak bumi.kalau perlu bisa hubungi aku
    981 227 55 64 62

  26. Ichal on Thu, 5th Jul 2012 11:24 am 

    Aq ingin tau…. Bagaimna caranya pasak bumi dibibin bubuk………… Kunanti jawabannya… Terima kasih….

  27. wily on Tue, 7th Aug 2012 9:55 pm 

    akar pasak bumi bisa memperbesar alat vital tidak?mohon jwb nya

  28. kelvin mandrova on Wed, 15th Aug 2012 1:40 pm 

    kanker apa aja yg bisa dicegah oleh tumbuhan pasak bumi

  29. zaini on Thu, 13th Sep 2012 3:26 pm 

    apa bisa ya klinik pasak bumi membantu saya yang punya keluhan dg alat reproduksi saya tidak bisa mengeluarkan air mani setiap berhubungan intim dg istri saya selama ini tolong informasinya trims.

  30. Rustam on Wed, 10th Oct 2012 9:09 pm 

    Dari Berau,aku ada banyak dapat akar pasak bumi,tapi aku ngak tau cara minum sama di campurkan apa? Klo ad yang tahu mohon jawabanya..thankss.

  31. pasak bumi on Sun, 28th Oct 2012 10:06 pm 

    artikel Pasak bumi yang bagus,,sangat bermanfaat

  32. yusri on Mon, 19th Nov 2012 1:27 pm 

    saya saat ini bekerja di proyek plta wampu desa rih tengah tanah karo sumatra utara. dan di tempat saya juga banyak terdapat akar kayu pasak bumi. buat temen2 yang mau boleh menghubungi ke email saya yusri.azhar@gmail.com. thanks

  33. adi on Wed, 21st Nov 2012 8:15 pm 

    Pasak bumi + akar kuning + seluang bilum = itu baru mantap (asli kalimatan).

  34. dedi on Sun, 25th Nov 2012 11:03 am 

    saya…cukup rendam akar pasak bumi dengan air panas sudah cukup buat saya jdi ga repot2…..stlah dingin saya minum sebelum tidur tiap hari wowwwwww bisa2 8 ampe 9 kali sya bercinta am sang istri….

  35. nurdin on Tue, 11th Dec 2012 10:56 pm 

    assslmkm…… saya kerja di HTi senoni kota bangun kaltim di sini masih banyak akar pasak bumi klo mau pesan saya carikan yg penting harga sesuai….

  36. angga on Fri, 14th Dec 2012 4:02 pm 

    Untuk pak ali imran : saya juga tinggal dpontianak, kalimantan barat. Teman bilang akar pasak bumi bagus utk sperma. Bapak ada referensi saya harus cari dimana ya pak? Yg masih asli bentuk akar. Terimakasih atas infonya ya pak..

  37. Wido Handoko on Wed, 30th Jan 2013 10:13 pm 

    ingin membeli bibit/akar pasak bumi, dalam jumlah sedang
    mohon kirim contoh utk laboraturium pengecekan zat kandungan
    berikut harga dan lokasi pengambilan.

    terimka kasih

  38. harto suprapto on Wed, 6th Feb 2013 8:21 am 

    Saya dapat oleh2 akar PB tsb dari temen anak Samarinda kira2 50 cm. Mohon petunjuk cara pengolahan ( direbus brp lama, brp ml air, dst hingga siap minum per brp jam. Bagi sobat yg sdh punya pengalaman dishare yaaa . . . makasih sebelumnya. Salam

  39. firman on Sat, 9th Feb 2013 10:13 am 

    Gak perlu repot2 ke hutan…bnyak dijual di toko souvenir di Bontang,Kaltim….35-50rb udh jadi gelas…lumayan buat stamina badan..diminum subuh mau bragkat kerja sma malam sblm tdr…..josssssSss……

  40. wahyudi on Fri, 15th Feb 2013 6:26 pm 

    pasak bumi memang luar biasa manfaatnya..anda perlu yg masih utuh berbentuk Kayu..hubungi email saya.saya kerja di pedalaman kaltim.

  41. ujang GB on Fri, 1st Mar 2013 10:25 pm 

    saya punya pasak bumi sebatang besar dan panjang. tapi saya bingung cara miminumnya baik bagai mana?

  42. Zeenov on Mon, 11th Mar 2013 10:57 pm 

    sy punya akar pasak bumi ini jg ada tanaman hdpnya tp sy blm pernah mencoba khasiatnya yg katanya dahsat itu,ada yg blng serbuk lbh baik drpd direbus tp tdk memberikan takaran brp byk yg hrs dikonsumsi,jika ada yg punya info n ilmu perpasak bumian ini mohon sharing ya,sy takut ada efek buruk jika konsumsi tdk sesuai takaran.mohon infonya jg gmn cara membuat menjadi serbuk.

  43. wahyudi on Fri, 19th Apr 2013 2:34 pm 

    utk sobat yg ingin tahu cara minum pasak bumi..ini saya dapat dari kawan yg asli orang berau.akar pasak bumi di sayat secukupnya…di rebus sampai mendidih dan warnanya ke kuning2an..di minum menjelang mau tidur and bangun tidur…hati2 karena Maaf…mr p akan sgt keras sekali…

  44. wahyudi on Fri, 19th Apr 2013 2:34 pm 

    utk sobat yg ingin tahu cara minum pasak bumi..ini saya dapat dari kawan yg asli orang berau.akar pasak bumi di sayat secukupnya…di rebus sampai mendidih dan warnanya ke kuning2an..di minum menjelang mau tidur and bangun tidur…hati2 karena Maaf…mr p akan sgt keras sekali…tambahan Lagi saya pernah kena gejala malaria…Alhamdulillah rutin minum..Skrg ngga kambuh Lagi:)

  45. Sudiono on Sun, 5th Jan 2014 3:42 pm 

    Kalau mau yang udah dipotong-potong atau akarnya yang masih panjang cari aja di Citra Niaga Samarinda. Buaanyak banger harga Rp.20 rb-25 Rb.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.