Kukar Ikuti Balikpapan Fair

March 6, 2013 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Tenggarong – vivaborneo.com, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penanaman Modal Dan Promosi Daerah (BPMPD) bersama SKPD terkait seperti Disperindagkop, Disbunhut, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan, Bappeda, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti kegiatan pameran pembangunan dan promosi memperingati HUT Kota Balikpapan ke 116, yang bertajuk Balikpapan Fair 27 Februari – 3 Maret 2013.

“Even seperti pameran, merupakan sarana yang sangat baik untuk lebih memperkenalkan potensi yang dimiliki Kukar kedunia luar, tidak menutup kemungkinan bagi kabupaten/kota disekitar wilayah Kukar, seperti halnya kegiatan pameran yang dikhususkan untuk masyarakat kota Balikpapan yang tengah merayakan ulang tahun kotanya yang ke 116,” kata  Kepala BPMPD M Indra didampingi Kabid Promosi M Erwan.

Stand Kukar pada pameran kali ini menampilkan hasil kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggunakan bahan baku limbah yang biasanya terbuang yakni tungkul jagung, serta kerajinan ukir lainnya yang juga dibarengi dengan produk tas rotan yang dibalut dengan manik, yang selama pameran sangat diminati oleh para pengunjung.

Menurut M Indra selama pameran, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang sistem perijinan Investasi di Kukar. Sistem perijinan di Kukar saat ini sudah connecting dengan Pemprov Kaltim sampai ke pusat perijinan di Jakarta yakni PTSP Pusat yang ada di BKPM.

“Kukar saat ini sudah menerapkan Sistem pelayanan Informasi Perijinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE). Semua perijinan investasi di Kukar mudah di pantau,  baik itu berkenaan dengan perijinan maupun Laporan kegiatan Penanaman Modal (LKPM). Dengan sistem ini, maka akan ketahuan pengusaha mana yang tidak membuat LKPM, dan jika mengabaikan tentang LKPM maka bisa berakibat pada penerapan sanksi administrasi hingga penghentian operasional perusahaan, “ ujar M Indra.

Lebih lanjut dikatakan keikutsertaan tim promosi Kukar kali ini juga dimanfaatkan untuk memberikan memperkenalkan agenda-agenda Kukar dibulan-bulan mendatang, salah satunya promosi pelaksanaan Erau yang akan digelar pada tanggal 30 Juni-7 Juli 2013 mendatang

Indra berharap keikutsertaan tim promosi Kukar dalam pameran kali ini dapat lebih memperjelas keberadaan Kukar.

“Kota Balikpapan bukan hanya pintu gerbang udara Kaltim melalui Bandara Sepinggan,  tapi juga Kota Balikpapan banyak dihuni oleh kalangan ekspatriat yang sangat diharapkan dengan kehadirannya di area pameran dapat membagi ceritanya kepada orang-orang di negara mereka masing-masing,” uajar M Indra. (vb/rudi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.