Kompetisi LPI Kukar Resmi Bergulir

May 22, 2013 by  
Filed under Sepakbola

TENGGARONG-vivaborneo.com,Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kutai Kartanegara  HM Guhfron Yusuf membuka Kompetisi Sepakbola Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Kutai Kartanegara tahun 2013. Pembukaan dilangsungkan di lapangan pemuda,Sabtu (18/5), Kompetisi diikuti perguruan tinggi, SMA,SMP dan Sekolah Sepakbola (SSB) U-21 tahun. Pembukaan dihadiri pengurus Pengcab PSSI Kutai Kartanegara, para Kepala Sekolah , guru olahraga serta official peserta turnamen sepakbola Liga Pendidikan Indonesia Kabupaten Kukar.

Dalam sambutannya Guhfron mengatakan,persepakbolaan kita sekarang ini telah menjadi sebuah olahraga yang dikemas dalam sebuah kompetisi profesional menuju industri olahraga yang menguntungkan, tidak hanya dalam hal prestasi tapi juga dapat menciptakan prestasi serta kebanggaan  buat kita semua. Pemerintah melalui Kementrian  Pemuda dan OlahRaga dan Kementrian Pendidikan Nasional bekerjasama dengan PSSI pusat telah melakukan sebuah program dimana pelajar dan mahasiswa akan saling berkompetisi dalam ajang Kompotiisi Sepakbola Liga Indonesia (LPI) memperebutkan piala Presiden  Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan Wakil Bupati,suatu penghargaan bahwa Liga Pendidikan Indonesia begitu diapresiasi tinggi sebagimana turnamen sepakbola Indonesia yang diikuti berbagai negara negara asia pernah dilaksanakan, juga digelar dengan nama turnamen sepakbola piala Presiden Indonesia dalam memperingati HUT RI.

Kehadiran tim Mitra Kukar dikompetisi profesional Liga Super Indonesia, serta dilaksanakannya kompetisi Reguler di Pengcab PSSI Kukar serta banyaknya klub – klub sepakbola di Kukar akan menjadi Muara bagi pemain – pemain pelajar kita setelah mengikuti ajang Liga Pendidikan Indonesia ini.

”Bukan hal yang tidak mungkin kita dapat menciptakan pemain – pemain berkualitas dari Kutai kartanegara pada ajang kompetisi sepakbola Liga  Pendidikan Indonesia pada tahun 2013 ini, “harapnya.

Guhfron berharap kompetisi ini benar – benar menjadi kompetisi sesungguhnya bagi pelajar kita, dimana wasit bertugas sebagai seorang pengadil dilapangan yang berperan penting dalam menjaga serta mengawal arti sebuah netralisasi dan menjunjung tinggi nilai murni sebuah Fair play,  sehingga anak – anak dapat menunjukan bakatnya secara maksimal dilapangan.

Sementara itu  H Junaidi Panitia Pelaksana Lomba dalam laporannya mengatakan,peserta kompetisi LPI adalah atlet pelajar mewakili nama sekolah atau perguruan tinggi sebanyak 9 tim diikuti tingkat sekolah sepakbola (SSB) usia 12 tahun, tingkat SMP usia 15 tahun duduk dikelas 1 dan 2 sebanyak 10 tim, tingkat SMA/SMK usia 18 tahun duduk dikelas 1 dan 2 sebanyak 11 tim dan tingkat perguruan tinggi sebanyak 3 tim. Diikuti 8 kecamatan masing masing dari Kec Samboja, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang, Kota Bangun, Muara Kaman dan Sebulu.

Tujuan dari Kompetisi adalah tingkat Kabupaten memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati, memperebutkan piala Gubernur untuk tingkat Provinsi dan piala Presiden untuk tingkat Nasional Guna dalam rangka memberikan pembinaan yang terarah,berkesinambungan dan berkualitas sejak usia dini.  Kompetisi ditandai dengan penyabutan nomor urut lomba dan penyerahan bola kepada wasit. (vb/hayru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.