Kaltim Tuan Rumah Jambore Pemuda Indonesia 2013

June 8, 2011 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA – vivaborneo.com, Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia 2013 yang akan diikuti sekitar 24 ribu peserta dari para pemuda di 33 provinsi seluruh  Indonesia.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim H Sigit Muryono, usai menghadap Wakil Gubernur Kaltim untuk menyampaikan hasil keikutsertaan Kaltim pada Jambore Pemuda Indonesia 2011 di Kota Malang Provinsi Jawa Timur dan rencana Kaltim menjadi tuan rumah 2013 di Ruang Kerja Wagub Kaltim, Senin (6/6).

Menurut dia, kegiatan atau agenda tahunan yang dulunya diselenggarakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan saat ini dilaksanakan Kementerian Pemuda dan  Olahraga (Kemenpora) merupakan ajang yang strategis dalam membina mental pemuda selaku  para generasi penerus bangsa.

“Jambore Pemuda Indonesia merupakan ajang yang strategis dalam upaya menempa mental para generasi muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang. Selain itu, melalui momen tersebut akan mampu menjalin hubungan yang baik antar pemuda di seluruh Indonesia,” ujar Sigit Muryono.

Sehingga, dikala para pemuda tersebut telah menjadi pemimpin baik di tingkat kabupaten maupun kota ataupun provinsi tentu akan mudah untuk melakukan komunikasi. Terutama, dalam upaya untuk menjalin kerjasama antar daerah.

Karena dengan adanya sinergitas antar daerah tentu akan mendukung terlaksananya percepatan pembangunan dan pencapaian peningkatan perekonomian daerah serta masyarakat melalui kerjasama di berbagai bidang.

“Pada dasarnya, even rutin tahunan yang dilaksanakan Kemenpora adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan serta saling bertukar informasi tentang kondisi dan program pembangunan di daerahnya masing-masing,” jelasnya.

Bahkan, untuk mendukung penyelengaraan tersebut. Usai pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia yang dilaksanakan selama sepekan itu akan dilanjutkan dengan pertukaran pemuda antar daerah mitra.

Misalnya, Provinsi Kaltim bermitra dengan Kalimantan Barat, Papua dan Gorontalo masing-masing delapan pemuda, sehingga berjumlah 24 orang yang akan ditempatkan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selama 45 hari atau sejak 8 Juni 2011 ini.

Namun sebelumnya, para peserta tersebut akan melakukan audiensi kepada Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy pada Selasa (7/6). Tujuan audiensi ini agar para pemudar dari provinsi mitra itu mendapatkan gambaran dari Wagub Kaltim tentang gambaran umum terhadap kondisi wilayah dan penduduk Kaltim.

“Para pemuda yang berasal dari provinsi mitra ini akan menghadap Wagub Kaltim untuk memperoleh gambaran umum tentang Kaltim. selanjutnya, pada 8 Juni akan ditempatkan pada daerah Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) di Kabupaten PPU selama 45 hari untuk berbaur dengan masyarakat melaksanakan kegiatan berupa pendidikan, olahraga, kepariwisataan dan pemberdayaan ekonomi rakyat,” kata Sigit Muryono.

Jambore Pemuda Indonesia sudah dilaksanakan sejak 20 tahun lalu dan pada 1-6 Juni 2011 dilaksanakan di Kota Malang Jawa Timur. Selanjutnya pada 2012 akan diselenggarakan di Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan Kaltim 2013 dengan kabupaten dan kotanya yang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi tuang rumah penyelenggaraan. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.