Kaltim Raih Juara II GKM Nasional

November 5, 2010 by  
Filed under Berita

MATARAM-vivaborneo.com, Keikutsertaan Kalimantan Timur pada ajang Konvensi Gugus Kendali Mutu Industri Kecil Menengah (GKM-IKM) Tingkat Nasional di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) 3 hingga  4 Nopember 2010 membawa hasil cukup memuaskan. GKM Kaltim sukses meraih  juara II kategori  empat langkah, dua alat  (Palda). Juara I kategori ini diraih  Yogyakarta, sementara juara III dan IV masing-masing diraih Jambi dan Sulawesi Tengah.“GKM Kaltim berhasil memperbaiki peringkat. 2008 lalu di Banjarmasin kita meraih juara III dan tahun ini kita berhasil meraih juara II. Prestasi ini sekaligus menjadi tantangan agar tahun depan kita bisa meraih juara I saat kita menjadi tuan rumah,” kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim H Yadi Sabianor didampingi Kabid. Industri  Drs H Usdiansyah, Jumat (5/11).

Program GKM merupakan  upaya menumbuhkan partisipasi karyawan, menampung ide dan menggali potensi, meningkatkan tanggung jawab mutu, meningkatkan moral karyawan melalui peningkatan rasa tanggung jawab, rasa memiliki, saling menghargai dan partisipasi, memberikan kontribusi perbaikan serta mengembangkan perusahaan kearah yang lebih maju.

Tujuan GKM adalah terbangunnya gerakan nasional penerapan GKM melalui percepatan peningkatan mutu dan produktivitas untuk membangun perusahaan IKM berpola tumbuh, mandiri, bermitra bisnis dan berdaya saing.

GKM bukan hanya untuk keperluan konvensi, seperti yang dilakukan selama ini, tapi GKM perlu penerapan di perusahaan IKM, sehingga mutu produk secara berangsur-angsur akan semakin membaik, nilai tambah akan meningkat, biaya semakin efisien, yang pada akhirnya daya saing akan meningkat.

Yadi Sabianor menambahkan Kaltim telah meraih 4 kali juara, yakni Juara I di Magelang (1990),  juara II di Mataram (1997) dan juara III  di Banjarmasin (2008). Tahun Kaltim kembali memperbaiki peringkat dengan meraih juara II.

“Kami berharap ini akan menjadi motivasi bagi IKM di Kalimantan Timur, untuk lebih bergairah dalam melakukan penerapan GKM di setiap unit usaha IKM,” tegas Yadi.

Selanjutnya Kaltim  telah menerima bendera estapet GKM yang menunjukkan kesiapan Kaltim sebagai tuan rumah pelaksanaan GKM Nasional 2011. Bendera estafet  diserahkan oleh Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah  kepada Kepala Dinas Perindagkop & UMKM Provinsi Kalimantan Timur M. Yadi Sabianoor.

Sementara itu untuk kategori enam langkah,enam alat (Elma)  masing-masing dimenangkan oleh Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk kategori  Percepatan Peningkatan dan Produktivitas  (3P ) dimenangkan masing-masing oleh Jawa Timur dan Kalimantan Selatan. Selain itu diberikan juga penghargaan kepada Fasilitator terbaik untuk fasilitator dari sembilan provinsi termasuk fasilitator dari Kalimantan Timur. (vb/sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.