Jamaah Samarinda Terbagi 4 Kloter

September 5, 2012 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA–vivaborneo.com, Sesuai hasil rapat bersama dengan Pemerintah Propinsi Kaltim, calon jamaah asal Samarinda yang akan diberangkatan ke tanah suci dalam musim haji tahun 2012 terbagi menjadi 4 kloter. 3 kloter diantaranya masuk dalam gelombang I dan 1 kloter selanjutnya masuk dalam gelombang II.

”Jamaah Samarinda berkesempatan untuk mengisi kloter 1 yang merupakan satu-satunya kloter utuh asal Samarinda dengan jumlah jamaah 355 orang yang sudah akan masuk asrama pada tanggal 20 September dan terbang menuju tanah suci pada tanggal 21 September,” ungkap Kepala Kementrian Agama Kota Samarinda Drs H Abd Muis, Selasa (4/9).

Kloter lain yang juga masuk pada gelombang I menurut Muis lagi adalah kloter 5 dengan jumlah calon jamaah 10 orang selebihnya digabung dengan jamaah asal Sulawesi Selatan, yang akan diberangkatkan pada tanggal 30 September, serta kloter 6, dengan jumlah jamaah sebanyak 119 orang, bergabung dengan jamaan lain asal Tarakan, Bulungan dan Tanah Tidung, untuk diberangkatkan pada tanggal 2 Oktober.

Sedangkan untuk gelombang II jamaah asal Samarinda masuk pada kloter 15 dengan jumlah 61 orang jamaah, bergabung dengan jamaah lain asal Balikpapan, Kukar, Bontang dan Malinau.

Kloter terakhir ini dikatakan Muis sudah akan masuk asrama pada tanggal 16 Oktober 2012. Dari jumlah kuota Samarinda yang berhak untuk melunasi ONH yaitu 536 orang, sampai dengan saat ini menurut Muis ada 45 diantaranya yang membatalkan diri/tidak melunasi.

”Alasannya macam-macam, 10 orang diantaranya karena masalah keluarga, 12 orang karena faktor ekonomi, 3 orang karena faktor pendidikan, 4 orang karena alasan pekerjaan, dan 5 orang tanpa keterangan,” tandasnya.

Namun agar tidak terjadi kekosongan lanjut Muis pihaknya telah membuka kesempatan pelunasan tahap kedua yang dibuka mulai tanggal 3 hingga 7 September mendatang. ”Namun yang diutamakan untuk mengisi kekosongan tersebut adalah jamaah yang belum melakukan pelunasan awal hingga pada 16 Agustus lalu, kecuali bila sampai batas akhir belum ada pelunasan juga maka kekosongan ini akan diisi oleh jamaah lain sesuai nomor urut daftar tunggu,” katanya.

Terkait persiapan pemberangkatan, Muis menyebut Kamis (6/9) besok  akan dilakukan pelepasan calon jamaah oleh Walikota Syaharie Jaang di Masjid Islamic Center pukul 07.30 WITA.

”Diharapkan seluruh jamaah dapat hadir, karena selain bersilaturahmi dengan Walikota dalam kesempatan tersebut, pihak panitia juga akan menyampaikan informasi penting lain berkaitan dengan persiapan keberangkatan baik pembagian kloter, pembagian kelompok dan kebijakan lain yang perlu diketahui seluruh jamaah,” pesan Muis seraya mengingatkan agar jamaah dapat mengenakan seragam batik haji dalam pertemuan tersebut. (vb/hm3)    

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.