Gambir Sarawak, Si Kecil yang Berkhasiat Besar

August 15, 2009 by  
Filed under Gaya Hidup

vivaborneo.com- Inilah cerita tentang Gambir Sarawak. Jika anda berkunjung ke Kuching, Sarawak banyak pedagang menjual Gambir Sarawak terutamanya di Pekan Gambir (Water Front) dan disekitar Pasar Satok (Di tengah Bandaraya Kuching). Senagian orang beranggapan Gambir Serawak adalah “Viagra Borneo”.

tanaman gambir

tanaman gambir

Zaman orangtua dahulu Gambir (Uncaria Gambir) digunakan sebagai obat penahan sakit biasanya sakit diluar tubuh seperti sakit gigi, bengkak gusi, penahan sakit akibat sengatan lebah, atau ketika tubuh tertusuk duri.

Gambir ini ternyata dapat bertindak seperti obat bius dan dapat menahan rasa sakit antara 2 hingga 6 jam bergantung kepada jumlah yang dipakai.

Selain untuk pengobatan, gambir juga kerap dijadikan campuran untuk menyirih atau dalam bahasa setempat “menginang”. Campuran daun sirih, gambir, sedikit kapur dan sedikit buah pinang, menjadikan prosesi menyirih atau menginang dapat memberikan efek segar dan tenang bagi pemakainya. Selain itu, campuran ini terbukti dapat memperkuat gigi dan menghindarkan dari penyakit mulut dan gusi seperti sariawan dan gusi bengkak.

Kembali ke khasiat gambir sarawak, ternyata obat yang diambil dari getah pohon gambir ini juga mampu memberikan efek “tahan lama” bagi pria saat berhubungan badan. Bagi masyarakat Sarawak, khasiat gambir ini lebih ampuh daripada obat kuat produk barat sekelas Viagra sekalipun.

Obat ini dinamai gambir sarawak karena memang asalnya dari negara bagian Sarawak, Malaysia Timur. Kemudian produk ini menyebar ke daerah Borneo lainnya seperti Kalimantan Timur dan lainnya.

Sebut saja di Samarinda, gambir sarawak dengan mudah didapatkan di toko-toko yang menjual souvenir khas Kaltim di kawasan Citra Niaga. Menurut, Yani, salah seorang penjual, menurutkan bahwa gambir yang mereka jual memang berasal dari Sarawak, Malaysia yang sengaja dikirim untuk dijual bersama ”buah tangan” khas Borneo lainnya.

Bentuknya pipih kecil persegi empat dikemas seukuran 0,5 x 0,5 cm atau yang paling besar ukuran 1 x 1 cm saja. Ketebalan produk ini juga tidak lebih dari 1 milimeter (mm). Berbeda dengan di tempat asalnya, gambir sarawak ini dikemas dalam ukuran yang lebih besar.

gambir sarawak

gambir sarawak

Walau terbilang kecil, harganya mencapai Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 per kepingnya. Jangan berkecil hati jika melihat kecilnya gambir ini, karena satu keping gambir ini dapat dipakai hingga tiga kali.

Cara pakainya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil secuil gambir serawak, kemudian dibasahi dengan air layaknya mengusap sabun dan air. Lalu gambir ini diusapkan ke (maaf) batang kemaluan, 10-20 menit sebelum melakukan hubungan badan dan tentunya dicuci bersih sebelumnya. Maka khasiat gambir sarawak ini siap digunakan.

Menurut para orang tua, tidak ada efek samping yang didapat walau gambir sarawak ini digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk anda yang berminat mencoba khasiat gambir ini, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi. Yang terpenting adalah khasiat gambir sarawak ini merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional masyarakat di Pulau Borneo yang memang kaya akan tumbuh-tumbuhan herbal. (vb-01)

Respon Pembaca

42 Komentar untuk "Gambir Sarawak, Si Kecil yang Berkhasiat Besar"

  1. Abah Yudhi on Mon, 19th Oct 2009 6:44 am 

    Informasi yang bermanfaat, terutama yang ingin memberi kepuasan pada istri. Nah, bagi anda yang ingin kuat sex dan tahan lama saat hubungan intim, maka bisa menggunakan batu zakar. Lebih jelas bisa dicek di: http://www.batuzakar.net

  2. SHINYO on Fri, 13th Nov 2009 1:56 pm 

    aSS. sy pesan gambir serawak bisa mas????
    untuk keharmonisan keluarga sy bisa dibantu mas???
    trims

  3. admin on Fri, 13th Nov 2009 3:03 pm 

    Bisa. Atau mau datang sendiri ke Kaltim?

  4. eddy on Thu, 26th Nov 2009 10:24 pm 

    Mas boleh dapat GS, sebab udah pernah gunakan dan wau………
    luar biasa…… kemana dan bagaimana caranya agar bisa dapat GS.

    salam,
    Eddy

  5. asep on Wed, 2nd Dec 2009 1:16 pm 

    cara pemesanan nya gmn y mas??

  6. Putu witana on Sat, 16th Jan 2010 8:10 pm 

    Dari dulu saya ingin coba GS. Tapi di kota sy ga ada. Tolong britahu alamat di kaltim tempat beli GS, makasi

  7. aldi on Sun, 24th Jan 2010 5:21 pm 

    boleh dong informasi toko nya atau nomer telponnya berapa nih? nomer saya 085288207086, kalo ada sekalian butuh bibit tanamannya sekalian deh, trims

  8. boby on Mon, 25th Jan 2010 3:55 am 

    kalau mau beli gambir serawak dimana,harga brp,cara bayarnya ?

  9. ophie jogja on Thu, 28th Jan 2010 11:51 pm 

    bagamana cara pemesanannya.

  10. ali akbar on Sat, 27th Feb 2010 10:23 am 

    saya tinggal diKalTim…tetapi didaerah say sulit menemukan gambir…klw mw pesan kmn.,.? brp harganya? tlong infonya k nomr 085247107478…saya berharap sekali..terima kasih..

  11. Darmaji on Sun, 14th Mar 2010 8:39 pm 

    Kebetulan i lg kerja di SIBU.SERAWAK, emang betul para pedagang kaki 5 byk jualan tuh…,harga satu pek 5 ringgit

  12. Cipto on Sat, 10th Apr 2010 9:14 am 

    Kalo diKalTim…daerah atau toko jual gambir…dimana ? brp harganya? tlong infonya ke nomor 08159033250…saya berharap sekali..terima kasih..
    Revise No Hp 08159033250

  13. ady on Thu, 6th May 2010 12:13 pm 

    mantap uiyyyyy

  14. budi on Sun, 30th May 2010 8:23 pm 

    kalau di jakarta dimana bisa didapat gambir serawak,
    mohon info nya thx

  15. DINO on Tue, 15th Jun 2010 10:28 am 

    Bang Admin sy perlu gambir serawak… gimana cara pembeliannya.. sy tinggal di Jakarta. Trims

    Red : untuk pembelian, bisa kontak melalui email ke vivaborneo2008@yahoo.co.id

  16. kurniawan on Sat, 26th Jun 2010 2:42 am 

    saya mau pesan, tapi bagaimana caranya. saya tinggal di medan. tolong beri tahu saya, terima kasih

  17. hardian on Mon, 5th Jul 2010 9:22 pm 

    saya mau pesan gambir serawak. saya tinggal di mataram nusa tenggara barat

  18. ezam on Sun, 18th Jul 2010 6:14 am 

    sy ada gambir ini..tp sy tdk thu mnggunaknnya..blh mas bgthu sy..untk keharmonian kluarga sy..emaikn pd sy ye mas

  19. didi on Wed, 21st Jul 2010 6:42 pm 

    Bang, saya udah kehabisan neh..dlu saya beli di kuching sarawak..
    Kalo saya mau pesan lagi dimana y? Infonya pls

  20. MR J on Thu, 22nd Jul 2010 7:55 pm 

    salam Satu Borneo daripada Sarawak , Malaysia Timur ya… moga saudara -saudara di Sana sihat2 aja..

    ” tetap Sedarah walaupun berbeda Negara kerana kita seTanah di Pulau Borneo ini “

  21. ADUL on Sun, 8th Aug 2010 8:15 pm 

    apakah di berau ada dijual gambir serawak,,,,,??

  22. herwanto on Sat, 18th Sep 2010 7:22 pm 

    saya udah coba n kasiatnya siiiiip!!!!!! hub.saya kalo ingin beli tp ga ada. saya bantu via email : benbohc@yahoo.co.id
    nnt sya ksih no.telp saya.

  23. ty on Thu, 21st Oct 2010 11:17 pm 

    pengen tau cara pengolahan gambir serawak…..

  24. adhykur on Mon, 25th Oct 2010 6:43 pm 

    telah hadir d jogjakarta…
    -gambir serawak-
    obat kuat perkasa ….dijamin…..
    bagi anda yang menginginkan istri2 anda puas d atas ranjang,kini telah hadir obat oles bisa tahan lama….dijamin….
    bisa kuat tahan lama ……
    bagi anda yang ber minat silahkan hubungi
    -0274 8228 793-

    NB : stok terbatas……

  25. Hi Dayat on Fri, 29th Oct 2010 9:12 pm 

    saya pengen tau cara pengolahan gambir serawak,karna d t4 saya adalah t4 penghasil gambir ter besar d dunia,mencapai 95% d dunia,dan kami meng eksport ke negara india,ausralia,jepang,,,km menghasil kan ribuan ton gambir per minggu,,,kalo anda ber minat hub 081267375108,trm”s

  26. Iwan on Sat, 30th Oct 2010 2:24 pm 

    kalau pesen di mana ya?
    kalau mau beli di surabaya di mana ya?
    tolong di bantu dong…….

  27. ibu garam on Sat, 27th Nov 2010 9:52 pm 

    sangat di minati…
    sungguh enak di buat obat pemutih gigi…

  28. rif art on Wed, 15th Dec 2010 2:58 pm 

    di manan gan kalo di pekanbaru outlet nya….

    banyak nyang mau tuh…

  29. benny on Wed, 22nd Dec 2010 7:07 pm 

    saya mau beli gambir serawak, bisa tolong diinformasikan no telp toko atau pedagang yg bisa dihubungi?Trims

  30. jumrawi on Wed, 2nd Feb 2011 8:23 am 

    gmn cara pemesanannya ?tlng ak sangat membuthkan, aku dimadura.

  31. andi on Tue, 8th Feb 2011 3:19 pm 

    di pekanbaru ada tempat jualnya gk.
    klu ada di mn tempatnya
    mohon bantuannya

  32. setyo on Fri, 25th Feb 2011 3:17 pm 

    bisa nih …tuk tambah kuat dan tambah penghasilan

  33. amir on Mon, 21st Mar 2011 11:00 am 

    kemarin saya beli gambir lewat vivaborneo….
    ini alamat ordernya : vivaborneo2008@yahoo.co.id
    kesannya…
    recommeded seller…
    vivaborneo selalu menfollow up pesanan kita sudah sampai atau belum….
    saya tidak ragu lagi kalau ingin pesan lagi ke vivaborneo….
    thanks
    amir

  34. arief on Sat, 4th Jun 2011 3:57 pm 

    klo mau cari GS dibalikpapan dimana ya?tlong diinfo,kebetulan saya lagi dibalikpapan

  35. dedi on Sat, 11th Jun 2011 2:34 pm 

    saya pernh make’ dapat dari teman waktu di olesin panas kulit jadi kering ape’ terkelupas… Apa saya yang salah pakai atau memang begitu kalau kebanyakan…

  36. noxx on Wed, 10th Aug 2011 2:49 pm 

    ane di jogja.. mahu dong obat itu..
    gmn saya bisa dpt di jogja.. mohon pencerahanya..

    sms ke: 082133038074

    tanks all

  37. eko on Sun, 13th Nov 2011 8:39 am 

    tolong alamat untuk pembelian gambir serawak mas, untuk obat herbal juga sanagt bagus, tolong informasinya.
    terima kasih.

  38. NUR KOZIN on Tue, 3rd Apr 2012 5:03 pm 

    saya tinggal di madiun,,
    kalau saya mau beli gambir serawak dapat saya diperoleh dimana???
    thanks

  39. a.rahman on Wed, 2nd May 2012 3:10 pm 

    ini dalam bentuk ekstrak gambir atau dalam bentuk daun ranting gitu? kalo daerah samarinda dimana ya bisa dapatinnya? bisa minta alamat lengkap? di daerah surabaya dimana dijualnya? makasih. info nya kirim ke email saya pedjantan_tanggoeh@yahoo.com

  40. a.rahman on Sat, 5th May 2012 3:13 pm 

    infonya tolong dikirim via sms aja ke no 085652235003, thx

  41. Oman fn on Thu, 29th Nov 2012 4:14 pm 

    kalu dibatam dimana maendapatkanya?????

  42. ribut yulianto on Wed, 6th Nov 2013 5:49 pm 

    Kl di Jakarta di toko2 Jamu banyak!! Coba aja di Cari!

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.