Diskominfo Diminta Ambil Peran Sukseskan Gelar TTG Nasional

October 24, 2013 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA –vivaborneo.com, Diskominfo Kaltim diminta turut mengambil peran mensukseskan penyelenggaraan Gelar teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional yang akan dihelat di Kaltim medio September 2014. Keterlibatan Diskominfo khusus fasilitasi publikasi dan dokumentasi agar gaung kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut semakin luas.

“Dukungan Diskominfo bersama-sama Humas (Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim) mutlak diperlukan. Sebab salah satu kunci sukses penyelenggaraan suatu kegiatan terlihat dari partisipasi masyarakat. Itu hanya bisa diwujudkan jika sosialisanya mantap. Caranya, ya publikasi, baik melalui media massa maupun media promosi lainnya,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, H Moh Jauhar Efendi, di Samarinda, Rabu  (23/10).

Bila perlu, publikasi dimaksud dilakukan secara bertahap sejak dari sekarang, hingga hari penyelenggaraan. Paling tidak, informasi terkait rencana penyelenggaraannya sudah bisa disampaikan melalui media promosi berupa baleho yang dimiliki.

Apalagi kegiatan tersebut rencananya dibuka Presiden RI, H Susilo Bambang Yudhoyono.  Mengingat, bersamaan itu Kaltim juga dipercaya tuan rumah penyelenggaraan dua kegiatan nasional lainnya. Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat 2014.

“Itu (publikasi menggunakan baleho) sebagai pemanasan agar masyarakat mengetahui rencana penyelenggaraan kegiatan tersebut,” katanya.

Sedangkan publikasi saat hari penyelenggaraan, mantan Kepala Biro Humas dan Kepala Diskominfo ini menghendaki dilakukan pembuatan media publikasi berupa jurnal harian. Berdasarkan pengalamannya menjadi koordinator seksi publikasi dan dokumentasi PON XVII Kaltim 2008, keberadaan jurnal harian sangat efektif menjadi sumber informasi seluruh kontingen, termasuk kalangan wartawan

“Tika perlu wah. Meskipun sederhana tapi informasinya sampai. Termasuk memuat jadwal rangkaian kegiatan harian,” tandasnya.

Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan asupan informasi tentang seluruh kejadian dan rangkaian kegiatan penyelenggaraan Gelar TTG. Termasuk memudahkan para peserta yang notabene datang dari berbagai daerah di Indonesia mengetahui jadwal beserta lokasi penyelenggaraan kegiatannya.

Menyikapi itu, Kepala Diskominfo Kaltim melalui Kepala Bidang Dokumentasi dan Informasi (Dokinfo), Husaini mengaku siap ambil bagian dalam perhelatan tiga kegiatan nasional tersebut. Sebab, tanggung jawab publikasi dan dokumentasi memang melekat pada Diskominfo, khususnya Bidang Dokinfo.

“Ini sudah menjadi bagian amanah. Informasi apapun menyangkut kegiatan Kaltim akan kita publikasikan. Terakhir kegiatan besar yang telah kita publikasikan Festival Derawan 2013. Baru-baru ini Peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke 85 dengan pemasangan baleho di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng – Jakarta dan Bandara Ngurah Rai, Bali. Bahkan untuk Fesival Derawan kemarin, kita fasilitas publikasi berupa dialog di TVRI Nasional,” akunya.(vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.