Dinas Perikanan Bantu Alat Pemasaran Perikanan

January 11, 2013 by  
Filed under Serba-Serbi

SAMARINDA—vivaborneo.com, Memperkuat pemasaran perikanan yang ujung pangkalnya untuk mensejahterakan nelayan dan pelaku usaha terkait lain, baik agen dan pengecer hasil perikanan di pangkalan pendaratan ikan (PPI) Selili, Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Samarinda menyalurkan bantuan peralatan pendukung pemasaran perikanan.

Bantuan peralatan yang merupakan dukungan dari APBN TP Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, secara simbolis diserahkan kepala Disnakan Samarinda Samsul Bachri berupa Cold Storage (ruang pendingin), 100 cold box dan 50 keranjang ikan di PPI Selili, Kamis (10/1).

”Harapan kita bantuan ini bisa mendukung pemasaran ikan. Termasuk cold storage yang sangat besar manfaatnya. Selama ini, jika terjadi tangkapan ikan yang berlebih di bulan-bulan tertentu, mereka tidak perlu banting harga, tapi ikannya bisa disimpan disini. Bahkan mutu ikan tetap bagus alias tidak busuk,” ucap Samsul kepada media ini.

Syamsul menyebutkan  dalam kondisi normalnya saja hasil tangkapan ikan nelayan yang masuk di PPI Selili/hari mencapai 40 ton.

”Kita juga harus bersyukur, selain untuk memenuhi kebutuhan warga Samarinda dan sekitarnya akan ikan, secara langsung aktifitas di PPI Selili memberikan kontribusi cukup besar melalui retribusi. Tahun 2012 lalu kita target Rp 300 juta, yang tercapai Rp 310 juta,” tandasnya.

Samsul menjelaskan cold storage merupakan bantuan APBN, sedangkan gedung bangunan untuk cold storage didukung APBD Pemkot Samarinda. (vb/02)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.