Buah Matoa, Buahnya Bumi Cendrawasih

July 22, 2009 by  
Filed under Agrobisnis

Buah Matoa (Pometia pinnata) adalah buah khas asli Papua. Rasa buah ini manis seperti buah rambuatan atau buah kelengkeng. Pohon matoa tumbuh tinggi, dan kayu nya bisa untuk mebel atau kusen – kusen rumah. Buah ini merupakan buah musiman yang berbuah pada bulan September – Oktober. Matoa tumbuh di seluruh wilayah kepulauan Cenderawasih.

buah matoa

buah matoa

Rasa buahnya “ramai”, dan susah didefinisikan, seperti antara rasa buah leci dan buah rambutan. Ada juga yang merasakannya sangat manis seperti buah kelengkeng. Ada yang bilang manis legit. Ada lagi yang merasakan aromanya seperti antara buah kelengkeng dan durian. Pendeknya, buah matoa berasa enak, kata mereka yang suka.

Buahnya berbentuk bulat melonjong seukuran telur puyuh atau buah pinang (keluarga Palem) dengan panjang 1,5-5 cm dan berdiameter 1-3 cm, kulit licin berwarna coklat kehitaman bila masak (kalau masih muda berwarna kuning kehijauan, ada juga yang menyebut hijau-kekuningan). Kulit ari putih bening melekat pada biji, manis dan harum.

Selama ini orang mengenal buah matoa berasal dari Papua, padahal sebenarnya pohon matoa tumbuh juga di Maluku, Sulawesi, Kalimantan, dan Jawa pada ketinggian hingga sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Selain di Indonesia pohon matoa juga tumbuh di Malaysia, tentunya juga di Papua New Guinea (belahan timurnya Papua), serta di daerah tropis Australia.

Di Papua, pohon matoa sebenarnya tumbuh secara liar di hutan-hutan. Ini adalah sejenis tumbuhan rambutan, atau dalam ilmu biologi disebut berasal dari keluarga rambutan-rambutanan (Sapindaceae). Sedangkan jenisnya dalam bahasa latin disebut pometia pinnata.

pohon matoa

pohon matoa

Di Papua New Guinea, buah matoa dikenal dengan sebutan Taun. Sedangkan di daerah-daerah lainnya, sebutannya juga bermacam-macam, antara lain : ganggo, jagir, jampania, kasai, kase, kungkil, lamusi, lanteneng, lengsar, mutoa, pakam, sapen, tawan, tawang dan wusel. Artinya, buah ini sebenarnya juga dijumpai di daerah-daerah lain di Indonesia.

Di Papua, pohon matoa yang semula tumbuh liar kini menjadi semakin naik gengsinya. Apalagi semenjak (mantan) presiden Megawati mencanangkan penanaman berbagai jenis pohon asli Indonesia seperti cempaka Aceh, meranti Kalimantan dan matoa Papua sebagai pohon lestari, di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, beberapa tahun yang lalu.

Maka, dapat dimaklumi kalau umumnya masyarakat Papua akan dengan bangga menyebut buah matoa sebagai buah khasnya propinsi Papua. Pohon ini berbunga sepanjang tahun, maka pohon matoa pun dapat dikatakan berbuah hampir sepanjang waktu. Oleh karena itu, buah matoa relatif mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional di Papua.

Kalau ingin merasakan buah Matoa asli ini, bisa langsung berkunjung ke Papua pada setiap bulan musim buah ini.(vb-01/berbagai sumber/foto: ist)

Respon Pembaca

34 Komentar untuk "Buah Matoa, Buahnya Bumi Cendrawasih"

  1. jarwadi on Wed, 5th Aug 2009 11:51 am 

    dear ,
    mohon info. pohon tsb bisa di tanam di kondisi bgm ?

    mulai usia berapa belajar berbuah ?
    cari bibitnya di mana ?

    trims
    081359263659

  2. Ujang Muksin on Fri, 7th Aug 2009 3:52 pm 

    saya membutuhkan kayu matoa berupa sawwtimber
    dengan ukuran 6 x 10 200 cm
    dalam jumlah banyak
    berani beli dengan harga tinggi
    bagi yang punya bisa hub saya (Ujang)di 081382617476

  3. Luzum Lfa creative on Mon, 28th Sep 2009 5:31 pm 

    Manfaat buah matoa di dunia medis apa sih.. bisa di gunakan untuk obat apa?? mohan jawabannya…

  4. titin on Wed, 7th Oct 2009 6:05 pm 

    sekali coba langsung ketagihan,,,,,, minta lagi dong pak satpam ugm

  5. wahyu on Mon, 12th Oct 2009 10:05 am 

    saya punya pohon matoa di garasi rmh (jakarta)…ibu saya dulu yg nanam,skrg udah tinggi pohonnya dan berbuah…rasanya mirip duren…enak bgt…skrg (bln oktober) lg panen…kira2 khasiatnya apa ya??ada yg tau ga??terima kasih…

  6. Defrizal on Thu, 14th Jan 2010 10:30 am 

    Saat ini kebetulan pohan Matoa ini di Rumah ku lagi berbuah, yaach..ga banyak seh, tapi lumayan hari ini sebagian rekan di cangkulan bisa ngerasain buah MATOA ini. Legit dan uenaaak.. komentar mereka.
    Mungkin ada yang tahu cara budi daya Matoa ini ?, karena terus terang jika lewat biji, pertumbuhannya makan waktu lama ( tahunan ), atau sudah ada yang melakukan cara ” Cangkok ” ?
    hasil nya bagaiman ? di share dong hasil nya.

    Thanks

  7. Anchy on Fri, 22nd Jan 2010 9:23 pm 

    awalx kirain buah pinang..pas dicoba..uiiihh bgung rasax campur (mirip duren,rambtan,lengkeng).akhrx suka sm buah matoa..rasax aneh..

  8. Anang on Sat, 20th Mar 2010 11:15 am 

    Saya Dikalimantan timur, Kab.Kutai Kartanegara.. sy mencoba menanam Matoa, tetapi tidak pernah berhasil selalu kering dan mati, padahal bibit yang ditanam subur.
    mohon tips2nya.. thanks

  9. Mohammad yasin on Wed, 12th May 2010 9:14 am 

    saya di Natuna di tempat saya sekarang pohon matoa nya sedang berbuah,rasanya memang luar biasa manis dan legit.bagi yang sudah pernah kembang biakan matoa boleh juga dong bagi 2 ilmunya…..tks

  10. Fauzi on Sun, 13th Jun 2010 9:16 pm 

    Bagi sdra2 yg berdomisili di Kal-Tim yang berminat dengan pohon matoa sy menyediakan bi2t phon matoa..
    Silahkan hubungin saya di 081346363324 atw 0542414272 a.n Bp.Ahmad…
    Saya juga akan berbagi tips dan trik agar matoa dpat tumbuh subur dan cepat berbuah

  11. suyitno on Fri, 2nd Jul 2010 10:22 pm 

    bagi saudara2 yang butuh pohon matoa yang berdomisili di kaltim/samarinda bisa hubungin 0541271908 / 085250666533 HJ suyitno
    Saya juga akan berbagi tips dan trik agar matoa dpat tumbuh subur dan cepat berbuah.

  12. akbar on Tue, 20th Jul 2010 5:34 pm 

    makasih infonya

  13. hilmi faishol on Thu, 25th Nov 2010 5:15 pm 

    saya sdh punya pohon matoa, tp masih kecil, kira-kira butuh berapa tahun mulai dari tanam pohon kecil sampai berbuah ? bantu dong teman-teman !!!!

  14. santi triple's on Sun, 28th Nov 2010 8:26 pm 

    . sayaaaaaaaa ska bngt buah matoa rasanya manis kya lengkeng .
    . soalnya tetangga akku pnya buahnya jdi setiapa ada buah ska d ksh .
    . klo akku blh tau manfaat buah metoa apa ya ?? .

  15. eko widodo (om jhon) on Wed, 8th Dec 2010 7:52 am 

    saya pnya lahan 1 ha kbetulan saya bingun mau nanami apa…? sya mau coba tanaman ini kira2 bibit Stek bs brbuah brpa Tahun…? lokasi sya di Kaltim khusx Sebulu kukar

  16. Tony Tanjung on Wed, 15th Dec 2010 9:55 am 

    bagaimana cara pembudidayaannya, ada berapa jenisnya,

  17. Buah Matoa « Kisahku on Tue, 21st Dec 2010 12:23 pm 

    [...] Di Papua New Guinea, buah matoa dikenal dengan sebutan Taun. Sedangkan di daerah-daerah lainnya, sebutannya juga bermacam-macam, antara lain : ganggo, jagir, jampania, kasai, kase, kungkil, lamusi, lanteneng, lengsar, mutoa, pakam, sapen, tawan, tawang dan wusel. Artinya, buah ini sebenarnya juga dijumpai di daerah-daerah lain di Indonesia. (vivaborneo) [...]

  18. satya on Fri, 11th Feb 2011 4:59 pm 

    apa khasiat buah matoa untuk kesehatan?
    tolong minta balasanya di rsetyawan69@yahoo.com
    terima kasih..

  19. dardar on Mon, 21st Feb 2011 10:33 pm 

    matoa kondangnya asal Irian tw Papua,tentang rasa tergantung yang mencicipi awal,ada yg bilang kyk klengkeng,kyk rambutan,kayak durian,kayak pisang,kayak kates,kyk apa lagi shg ada yang bilang buah seribu rasa.yang jelas senengannya kelelawar,waa…serbu habis klw nggk di blongsong,

  20. yanti on Tue, 24th May 2011 9:16 pm 

    saya membutuhkan matoa three layer 72x86x800-3000mm.yg face solid.yg tengah fj.grade 3-4.sisi clear.bisa hubungi sy di 082136807867.makasih.

  21. Amry on Sun, 29th May 2011 9:21 pm 

    Saya punya pohon matoa kalo berbunga selalu rontok, bgmn tips agar bunga tidak rontok.

  22. Nurbaya on Tue, 2nd Aug 2011 12:11 am 

    Saya baru menyadari ternyata yg didepan rumah saya pohon MATOA , saya malah tdk peduli kadang buahnya jatuh begitu saja, nanti teman saya dari papua bawa oleh oleh baru saya ketahui kalau buah itu di makan

  23. Ana Tjen on Sat, 6th Aug 2011 9:28 pm 

    Saya belanja ke super market di Bandar lampung dan baru pertama x melihat buah Matoa ada di situ,langsung saya ingin beli dan mencobanya
    Sampai di rumah saya makan buah Matoa….
    Wahhhhhh…..ternyata rasanya rame,aroma kulit buahnya seperti rambutan,daging buah nya seperti kelapa muda/lengkeng dan aroma dan legitnya seperti duren.
    Enakkkk….

  24. aminatus sholichah on Mon, 10th Oct 2011 9:52 pm 

    manfaat buah matoa itu apa aja sich?????

  25. santu on Wed, 2nd Nov 2011 7:03 pm 

    barusan ngerasain buah matao, subhanallah, rasanya enak bangeeettt. klo ada yang punya bibitnya di jogja mau donk… :D

  26. niko on Mon, 14th Nov 2011 5:31 pm 

    Di kebun kakek sy bnyk.. Daerah jepara.

  27. nancy on Sat, 26th Nov 2011 5:26 am 

    kemarin sy beli ditoko buah harganya 40rb sekilogram,ternyata buah matoa ini enak rasanya ya mirip lengkeng,cempedak tp kenapa mahal sih.kalo mau beli pohonnya dijakarta dimana ya?ada yang tau bagi infonya ya

  28. henk on Sun, 11th Dec 2011 1:44 pm 

    Matoa tumbuhan khas Papua, tumbuhan ini memiliki sifat fenomenal(Sapindacea); tersebar luas di seluruh kawasan Malesia, namun secara ekologi paling dominan di New Guinea (termasuk Papua). Di New Guinea matoa dikenal beragam dengan beberapa nama jenis morfologi, ternyata telah direvisi oleh Jacobs (1962) pada tingkat forma (kajian taksonomi)dibawah nama tunggal Pometia pinnata Forst (spesimen type asal Namoko).Satu nama jenis tsb dipakai utuk ekspor kayu matoa. Hal ini menjadi kontorversi bagi penebang kayu (loger)di PNG Sifat tanaman ini sangat adaptif/ mudah berdiferensiasi membentuk variasi morfologi yang beragam pada beberapa daerah persebarannya.Tampaknya, konsep jenis biologi Mayer mjd batasan jenis yang ikut melandasi sudut pandang Jacobs melakukan kajian revisi tersebut, walau pada awalnya didasarkan pada karakter vegetatif (pertulangan)dan atau perbungaannya.Matoa enak dan menarik lho…!!!!

  29. salina on Sat, 14th Jan 2012 2:28 pm 

    phon matoa dsni baxk tumbuh liar,tpi ga ada yg mw mmbudidayakan…..

  30. bowo on Thu, 1st Mar 2012 4:25 pm 

    mau nanya…
    apakah akar pohon matoa bisa merusak bangunan yang ada di sebelahnya…??
    karna di sebelah rumah saya ada pohon matoa..
    dan satu lagi berapa tahun pohon matoa bisa bertahan hidup…
    karna saya pernah membaca sebuah postingan di sebuah blog yang mengatakan bahwa pohon matoa mati setelah 5 kali berbuah..
    mohon penjelasannya…
    terima kasih sebelumnya….

  31. ardion achmad on Fri, 1st Mar 2013 2:09 pm 

    saya Ardion dari lombok.NTB. pertama mengenal buah matoa ini dari teman, thn 2013.. Dan deberikan 10ato lebih waktu itu, stelah mencicip ternyata sangat enak juga… Sejak itulah saya baru mengenal buah matoa… :D

  32. tebabs on Sat, 2nd Mar 2013 3:58 pm 

    saya baru coba buah matoa, memang buah matoa mantaap…. bisa share dong yang ngerti tentang matoa…? apa memang ada 2 jenis matoa? yang saya tau jenis matoa kelapa dan matoa pepeda…bener gak? BTW kalo nanam matoa dari cangkok butuh waktu berapa lama sampai berbuah? trus akar matoa katanya besar ya… bisa merusak bangunan kah? teng kayu……

  33. AHMAD SEHU on Mon, 16th Dec 2013 10:32 am 

    saya menikmati buah matoa dua minggu yang lalu di Cirebon. Bijinya saya tanam, alhamdulillah sekarang sudah 15 cm tingginya dan hebatnya dari tujuh tunas ada salah satu yang daunnya berwarna merah muda (indah bangget). Apa yang harus saya lakukan agar tanaman tersebut cepat tumbuh besar. Makasih……….

  34. admin on Fri, 3rd Jan 2014 6:01 am 

    Red: Semoga dapat tumbuh dengan baik ya. Walaupun Matoa tanaman khas PApua, namun dapat tumbuh juga di Kalimantan. Semoga juga dapat tumbuh baik di Cirebon. Salam Redaksi.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.