BPMPD Rencanakan Gelar TTG Tingkat Provinsi

June 14, 2013 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com, Pemprov Kaltim melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim berencana menyelenggarakan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi. Pelaksanaan rencananya dipusatkan di Halaman Kantor BPMPD Kaltim, Jl HM Kadrie Oening, Samarinda, 29 – 31 Agustus 2013.

Dikatakan Kepala BPMPD Kaltim, H Moh Jauhar Efendi, penyelenggaraan Gelar TTG tingkat Provinsi merupakan persiapan sebelum mengikuti Gelar TTG tingkat Nasional XV yang rencananya dihelat di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), September 2013. Tujuannya untuk menjaring teknologi penemuan baru masyarakat untuk dipamerkan pada Gelar TTG tingkat Nasional tersebut.

“Pameran TTG Kaltim diharap ada hal baru. Penemuan baru yang kualitasnya semakin baik untuk kita pamerkan pada Gelar TTG tingkat Nasional,” harap Jauhar dihadapan perwakilan instansi bidang pemberdayaan masyarakat dan pengelola pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek) kabupaten/kota se kaltim pada rapat persiapan penyelenggaraan Gelar TTG tingkat Provinsi, di Kanotr BPMPD Kaltim, Samarinda.

Menurut Jauhar Gelar TTG tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan merupakan penyelenggaraan kali pertama di kaltim. Sebelumnya, BPMPD hanya mempercayakan kepada kabupaten/kota masing-masing untuk menentukan teknologi yang akan dipamerkan pada Gelar TTG tingkat Nasional. Meskipun usulan kabupaten/kota sebelumnya tentu tetap dinilai lagi pada tingkat provinsi.

Melalui kegiatan tersebut, Jauhar menaruh harapan besar dapat merangsang masyarakat agar mau mencari dan membuat teknologi penemuan baru yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.  Sehingga, teknologi penemuan yang dihasilkan dan dipamerkan setiap tahunnya semakin baik.

Selain itu, dengan diselenggarakannya Gelar TTG tingkat Provinsi diharap kabupaten/kota lebih siap, lantaran dalam kurun waktu tidak lama setelahnya akan diselenggarakan Gelar TTG tingkat Nasional.
Sementara Kabid TTG BPMPD Kaltim, Ramadhan menyebut penyelenggaraan Gelar TTG merupakan implementasi amanat Permendagri No 20/2010 tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG yang memberi amanat Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melakukan pembinaan.  Salah satu poinnya mengamanatkan penyelenggaraan Gelar TTG.

“Karenaya kita juga coba selenggarakan tingkat provinsi,” sebutnya.

Sebelumnya, kata dia, perlu diselenggarakan tingkat kabupaten/kota. Namun tetap harus mempertimbangkan waktu. Paling tidak sebelum masuk bulan puasa Gelar TTG tingkat Kabupaten/Kota harus sudah tuntas. Sehingga saat Gelar TTG tingkat Provinsi, sudah siap teknologi yang akan dipamerkan.

Pada pelaksanaannya akan dibagi dua jenis kegiatan, kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Untuk kegiatan utama terdiri dari upacara pembukaan, pameran gelar TTG, penilaian TTG unggulan, dan upacara penutupan. Sedang kegiatan pendukung, terdiri dari hiburan berupa kesenian, dan pameran UMKM. Perkiraan jumlah stand yang disediakan 54 unit stand. Terdiri dari instansi/SKPD terkait 10 unit stand, kabupaten/kota 14 unit stand, dan dunia usaha/UKM 30 unit stand.(vb/arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.