BKKBN Kaltim Gelar Lomba Poster Generasi Berencana

October 5, 2011 by  
Filed under Uncategorized

SAMARINDA – vivaborneo.com, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Timur menggelar lomba poster Generasi Berencana (Genre) tingkat provinsi se-Kaltim bagi pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa dan umum.

“BKKBN telah mengupayakan berbagai program untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang jumlahnya sudah melebihi proyeksi 2010. Salah satunya melalui program Genre atau Generasi Berencana. Maka untuk mensosialisasikan program di kalangan remaja diselenggarakan lomba poster Genre,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Jufri Yasin saat membuka Lomba Poster Genre Tingkat Provinsi di Kantor Perwakilan BKKBN Kaltim, Selasa (4/10).

Menurut dia, program Genre merupakan program untuk mendidik dan membina usia remaja  agar dapat merencanakan kehidupannya dengan lebih baik sebelum memasuki masa pernikahan.

Kemudian  saat memasuki masa berumahtangga yang juga harus merencanakan saat yang baik untuk memiliki anak (usia istri yang ideal untuk melahirkan terkait kesehatan reproduksi wanita) serta jarak kelahiran dan jumlah anak.

Untuk mendukung program Genre pada level kebijakan, Kepala BKKBN telah mendorong perubahan revisi Undang-Undang tentang Perkawinan khususnya yang mengatur mengenai usia minimal perempuan untuk menikah.

Pada UU Perkawinan tersebut mengamanahkan batas usia perempuan untuk menikah pada umur 16 tahun. Sementara program KB mengupayakan usia kawin seorang perempuan minimal 20 tahun.

Sedangkan dalam level taktis, BKKBN telah melaksanakan berbagai macam program aksi dengan menyediakan pusat informasi yang terkini tentang Genre dan problematika yang terjadi seputar usia remaja dan mahasiswa terkait  kesehatan dan kehidupan seksual.

Konsuktasi dan pembinaan secara online maupun offline, seminar, penyuluhan, workshop dan kampanye mengenai Genre dan kesehatan seksual, menggelar lomba-lomba bertema Genre dan membuat berbagai macam media promosi dan konsultasi informasi edukasi (KIE) Genre melalui media masa baik cetak maupun elektronik.

“Tekait dengan program aksi tersebut, maka Perwakilan BKKBN Kaltim akan melaksanakan seleksi Lomba Poster di tingkat Provinsi Kaltim yang akan dilombakan ke tingkat nasional di Jakarta,” jelas Jufri Yasin.

Sementara itu Kepala Sub Bidang Advokasi dan Konsultasi Informasi Edukasi H Harlan Lelana mengatakan lomba poster ini diharapkan mampu membawakan pesan yang bersifat edukatif dan nilai moral terkait tema Genre.

“Melalui kegiatan ini para remaja dari pelajar maupun mahasiswa serta masyarakat umum mempu menggambarkan problematika remaja secara komunikatif, sederhana dan terkini. Bahkan, mengandung nilai menghibur dan atraktif  serta dapat mempersepsikan dengan baik oleh remaja dan mahasiswa atau mudah dimengerti,” ujar H Harlan Lelana.

Lomba poster Genre diikuti 46 peserta dari kategori pelajar SMP dan SMA serta sederajatnya dan mahasiswa maupun umum (usia 15-24 tahun) dan belum menikah. Tema loma Generasi Berencana, Upaya Menuju Indonesia Sejahtera.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.